George Boole, Bapak Aljabar Boolean yang Kini Ulang Tahun ke-200

George Boole, Bapak Aljabar Boolean yang Kini Ulang Tahun ke-200

KabarDunia.com Aljabar Boolean seringkali diterapkan dalam bidang logika, dimana teori yang ditemukan George Boole ini berdasarkan pernyataan true atau false. George Boole sendiri merupakan salah seorang matematikawan asal Inggris, logician serta seorsng filsuf yang karyanya hingga saat ini menjadi sebuah dasar dalam ilmu komputer modern, dan karena itulah pada hari ini pun merayakan hari ulang tahunnya yang ke-200. dimana Tema pada google doodle kali ini menjadikan halaman depan mereka dengan sebuah animasi gambar yang menarik. George Boole, sendiri yang lahir tanggal 2 November 1815, di kawasan Lincoln, Inggris, hingga akhirnya wafat pada tanggal 8 Desember 1864, di daerah County Cork, Irlandia, George Boole terkenal sebagai seorang penulis hukum logika, dan penemu teori Aljabar Boolean.

George Boole meletakkan dasar bagi era informasi, kemajuan penting dalam matematika, logika serta probabilitas membagikan dasar penting untuk matematika modern, mikroelektronika teknik serta ilmu komputer. George Boole yang dikenal sebagai “Bapak era informasi” sebab kontribusinya ilmu komputer modern melewati penemuan Aljabar Boolean. Teorinya diterbitkan dalam buku 1854 penyelidikan hukum pemikiran.

Aljabar Boolean diterapkan aljabar bidang logika, berpusat pada gagasan bahwa pernyataan true alias false menurut Financial Times postingan mengenai Boole. Conrad Wolfram membahas dalam postingan: Ada kesederhanaan hebat mengenai benar vs salah, serta itu merupakan karakteristik yang membikin Aljabar Boolean sangat bermanfaat bagi insinyur komputer, yang bisa bekerja ‘on’ serta ‘off’ daripada tegangan yang cocok dengan semua variabilitas mereka.

Begitu tidak terduga merupakan bahwa ‘benar’, ‘palsu’ serta berbagai operasi Logis sederhana semacam ‘dan’, ‘atau’ serta ‘tidak’ bisa dikombinasikan untuk membikin suatu  persamaan yang bisa meningkatkankan, mengalikan, membandingkan serta tidak sedikit lagi. 80 tahun kemudian Alan Turing matematiteman Inggris yang mengembangkan komputer elektronik pertama.

Fungsi “XOR” yang mengaktifkan pertama “o” dikenal sebagai gerbang “Eksklusif atau”, yang berarti itu hanya menyala ketika salah satu serta hanya satu x alias y benar. Saat ini, logika ini mendukung semua perangkat digital, yang ada di hampir setiap baris kode komputer, serta sudah merubah tutorial kami menjalani nasib kita.

Sebagai contoh, mencari Google dua kata, berbicara “George Boole”, tergolong manfaat  “Dan”, yang berarti baik kualitas-kualitas “George” serta “George Boole” wajib timbul dalam hasil pencarian. Boole, yang tinggal jauh dari nasibnya sebagai seorang profesor di University College Cork di Irlandia, merupakan juga pemikir awal pada teori kecerdasan buatan, percaya bahwa semua pikiran manusia bisa ditekan menjadi serangkaian aturan matematika, serta advokasi mesin untuk mempermudah semua pekerjaan.

Berikut Postulat George Boole:

a. Apabila ada a dan b berada dalam himpunan K, maka a + b masuk himpunan K
    b. Apabila ada a dan b berada dalam himpunan K, maka ab masuk himpunan K
    II a. Terdapat elemen Z sehingga a + Z = a berlaku untuk setiap elemen a.
    II b. Terdapat elemen U sehingga aU = a berlaku untuk setiap elemen a.
    III a. a + b = b +a
    III b. ab = ba
    IV a. a + bc = (a + b)(a+ c)
    IV b. a(b + c) = ab + ac
    V. Untuk setiap elemen a terdapat elemen a’ sehingga a + a’ = U dan aa’ = Z
    VI. Terdapat minimal dua elemen berbeda dalam kelompok K