7 Tips Memilih SmartPhone Android yang Berkualitas dan Awet!

7 Tips Memilih SmartPhone Android yang Berkualitas dan Awet!

Di zaman digital seperti sekarang, membeli smartphone  bisa dikatakan mudah. Anda tidak harus membeli smartphone android dengan datang langsung ke offline store yang biasanya sangat ramai berdesak-desakkan dan tentu saja harus mengantri untuk dilayani. Melalui marketplace terpercaya, Anda bisa mendapatkan smartphone impian yang tentunya aman dan cepat. 

Namun kemudahan berburu smartphone secara online juga perlu diwaspadai. Bagaimanapun membeli smartphone butuh ketelitian dan pengetahuan lebih untuk berjaga-jaga supaya Anda tidak kecewa dengan produk yang sudah dibeli. 

Oleh karena itu, penting sekali membaca artikel ini. Sebab tips memilih smartphone android berkualitas dan awet akan diulas di artikel berikut ini.

Begini Tips Memilih smartphone Android yang Berkualitas 

Bukan rahasia umum lagi, jika smartphone Android menjadi salah satu kebutuhan penting sehari-hari. Sehingga sebelum membelinya, Anda bisa pastikan mengetahui spesifikasi smartphone seperti apa yang dibutuhkan. 

  1. Cek Prosesor smartphone

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan saat memilih ponsel android adalah mengecek kualitas processor atau CPU smartphone Android. Dan processor android ini biasanya lebih dikenal dengan istilah chipset. Kualitas processor sangat penting, sebab sebagai otak smartphone yang mempengaruhi kecepatan  performa sebuah smartphone. Sebaiknya pilihlah chipset dengan kapasitas terendah 2 core.

  1. Periksa Memori smartphone

Kualitas RAM juga sangat penting diperhatikan karena untuk menyimpan berbagai memori dalam ponsel Anda. RAM yang berkapasitas tinggi minimal memiliki memori 1 GB. Selain itu, pastikan Anda membeli RAM keluaran baru agar lebih luas untuk menyimpan semua folder atau kenangan Anda di dalam ponsel.

  1. Perhatikan Spesifikasi smartphone Lainnya

Selain prosesor dan RAM yang menjadi kekuatan utama, perhatikan juga spesifikasi smartphone lainnya secara lengkap. Mulai dari kualitas grafis, layar, ROM, sistem operasi, hingga baterai. Berikut ini detailnya:

  • Kualitas Grafis 

Ingin grafis handphone Anda berkualitas dengan performa yang cukup tinggi. Pilihlah GPU dengan spesifikasi yang mendukung grafis minimal 2D atau 3D. Hal ini sangat penting terutama bagi Anda pecinta game android agar bisa bermain dengan nyaman.

  • Layar

Agar menggunakan smartphone Android semakin nyaman, perhatikan pula kualitas layar. Sebaiknya cek sebelum membeli, berapa besar resolusi layar. Selain itu, anda juga bisa memilih ponsel android berdasarkan ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

  • ROM

Salah satu hal yang sangat penting dalam menunjang kinerja ponsel android Anda adalah kualitas penyimpanan internal atau ROM. Dengan ROM yang tinggi, Anda bisa menyimpan berbagai data dan aplikasi dengan leluasa. Dan ROM yang wajib Anda pilih minimal berkapasitas 16 GB atau 32 GB.

  • Sistem Operasi

Sistem operasi juga harus diperhatikan sebelum membeli ponsel. Pastikan Anda memilih atau update OS versi terbaru untuk memperlancar kinerja Android. Untuk itu, pilihlah smartphone Android yang memiliki OS yang menyediakan update versi terbaru.

  • Baterai

Sebagai pengguna ponsel pintar, selain performa handphone, kualitas baterai juga tak kalah penting untuk kenyamanan pengguna. Pastikan Anda membeli baterai yang tahan lama dengan kapasitas minimal 2500 mAH.

  1. Pastikan Jaringan smartphone LTE atau 4G

Smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok. Sehingga sangat penting bagi Anda memilih smartphone dengan koneksi internet mumpuni, seperti jaringan internet LTE dan 4G. 

Selain itu, apabila Anda membeli ponsel keluaran luar negeri biasanya Anda akan sedikit mengalami masalah jaringan sebab tiap negara memiliki jaringan internet yang berbeda-beda.

  1. Cek Kelebihan Fitur smartphone

Tips memilih smartphone Android yang berkualitas selanjutnya, yaitu cek kelebihan fitur smartphone yang meliputi kamera, desain, hingga sensor.

Bagi Anda yang membutuhkan hasil kualitas foto ponsel layaknya jepretan fotografer andal. Sebaiknya pilih smartphone Android yang dibekali kamera berkualitas tinggi. Terutama bagi anda yang membutuhkannya untuk foto produk jualan atau hobi fotografi.

Selain itu, desain ponsel yang menarik serta ponsel yang dibekali berbagai sensor yang canggih juga perlu dipertimbangkan. Namun Anda wajib pastikan tidak meninggalkan kualitas CPU, Memori, GPU, layar, dan berbagai spesifikasi lainnya. Sebab tidak ada gunanya jika desain bagus, sensor canggih namun kinerja ponsel sangat lemah.

  1. Lihat Merek Ponsel

Perhatikan juga merek ponsel sebagai pertimbangan saat ingin membeli smartphone. Sebaiknya Anda membeli merek smartphone dari brand yang sudah terkenal dan terjamin kualitasnya ya!

  1. Pilihlah yang Sesuai Kebutuhan dan Harga

Di atas merupakan tips jitu untuk memilih smartphone yang berkualitas secara lengkap. Namun sayangnya, smartphone dengan kualitas tersebut harganya cukup mahal. Solusinya sebaiknya belilah ponsel android yang sesuai kebutuhan dan kantong Anda. Misal, Anda butuh smartphone untuk kepentingan fotografi, Anda bisa memilih smartphone dengan fitur kamera yang bagus. Atau Anda suka bermain game maka Anda dapat memilih ponsel pintar dengan GPU yang mumpuni.

Nah, jika Anda bingung memilih kira-kira tipe atau merek handphone mana yang Anda butuhkan. Buka saja aplikasi Blibli. Di marketplace ini ada berbagai jenis smartphone Android mulai dari yang murah hingga yang mahal dengan berbagai spesifikasi.

Kabar baiknya ada salah satu rekomendasi merk smartphone android berkualitas di kelasnya yang layak Anda beli. Berbekal berbagai spesifikasi yang cukup mumpuni serta harganya terjangkau, Xiaomi sangat bisa diandalkan.  Selain menjual produk smartphone, ada berbagai produk yang bisa Anda beli melalui aplikasi Blibli seperti tablet, smart tv, dan berbagai produk gadget lainnya.

Jadi tak perlu bingung lagi di mana membeli smartphone terpercaya tanpa ribet, buka saja aplikasi Blibli melalui ponsel dan dapatkan smartphone terbaik sesuai kebutuhan Anda dengan menerapkan semua tips memilih smartphone android yang berkualitas di atas.