Kenapa Imlek Identik dengan Pohon Angpao? Inilah Kisah Dibaliknya

Kenapa Imlek Identik dengan Pohon Angpao Inilah Kisah Dibaliknya

KabarDunia.com Permulaan tahun babi tanah akan segera dimulai dalam hitungan hari. Ya, sudahkah Anda mempersiapkan pohon angpao sebagai dekorasi wajib di rumah? Angpao sendiri merupakan salah satu tradisi khas yang diberikan oleh orang lebih tua kepada orang yang lebih muda. Simbol kepedulian dan kasih sayang sesama ini wajib dilestarikan untuk membawa keberuntungan dalam hidup yang akan datang.

Anak-anak biasanya paling menunggu momen pemberian angpao saat tahun baru Imlek tiba. Pernahkah Anda bertanya kenapa Imlek selalu identik dengan ​pohon angpao​? Yuk, simak sejarah pemberian angpao saat tahun baru Imlek berikut!

Sejarah Awal Mula Pemberian Angpao Saat Imlek

Berdasarkan kisah sejarah menyebutkan bahwa orang-orang tua pada jaman dahulu memberikan angpao saat Imlek kepada anak-anak atau orang yang berusia lebih muda berupa makanan, manisan dan bonbon. Seiring perkembangan waktu, orang tua merasa memberikan uang dalam amplop lebih praktis agar anak-anak bisa menentukan sendiri hadiah apa yang hendak dibeli.

Literatur menyebutkan bahwa kebiasaan atau tradisi yang masih terjaga hingga sekarang tersebut bermula pada masa Dinasti Ming dan Qing sekitar 1300 tahun lalu. Anak-anak yang mendapatkan angpao biasa membelanjakan uang untuk membeli petasan, manisan dan kue-kue. Tradisi memberikan angpao berisi uang saat Imlek terbukti mampu meningkatkan ekonomi di daratan China kala itu.

Nominal uang terkecil yang diberikan berupa keping perunggu wen atau tongbao. Bagian tengah berlubang segiempat di bagian tengah yang diikatkan dengan benang berwarna merah. Keluarga kaya di China biasa memberikan 100 keping perunggu agar mereka memiliki umur panjang.

Legenda Angpao

Imlek memang identik dengan ​pohon angpao sebagai simbol dekorasi khas tahun baru China. Ternyata ada sebuah legenda yang dipercaya turun temurun menjadi awal mula pemberian angpao ini.

Terlepas dari literatur yang menyebutkan bahwa tradisi pemberian angpao ada sejak Dinasti Ming di China, legenda ini bermula saat ada binatang tinggi besar yang suka mengganggu anak-anak pada malam tahun baru. Binatang ini akan membelai kepala anak-anak saat mereka tidur dan bisa menyebabkan gila.

Terjadi sebuah peristiwa gangguan makhluk besar ini saat malam tahun baru di sebuah provinsi bernama Zhejiang. Saat itu, terdapat sebuah keluarga yang baik hati dan baru memiliki anak kala usia memasuki senja. Sang buah hati tersebut dijaga dengan penuh kasing sayang seperti benda pusaka. Pasangan orangtua ini menjaga sang buah hati sepanjang malam dengan mainan kertas merah berisi uang.

Saat lelah dan terlelap, makhluk besar tersebut datang dan berusaha menjamah sang anak kecil. Kertas merah yang berusia uang terjatuh di samping bantal sang anak bisa memancarkan cahaya yang membuat sang makhluk besar mengerang kesakitan. Sejak saat itu, peristiwa sang anak selamat berkat kertas merah yang berisi uang tersebar ke seluruh penjuru. Hingga sekarang, kertas merah berisi uang tersebut dinamakan angpao dan diberikan pada anak-anak sebagai pembawa keberuntungan.

Kini, angpao selalu identik dengan tahun baru Imlek tak hanya mampu mengusir segala keburukan. Angpao selalu berwarna merah karena diharapkan bisa memberikan keberuntungan nasib pada tahun mendatang. Tak ada salahnya menyiapkan banyak amplop angpao untuk orang-orang yang Anda kasihi, ya!

Anda bisa memesan ​pohon angpao terlebih dahulu sebelum memberikan tradisi angpao pada anak-anak atau orang yang lebih muda. Yuk, pesan model pohon yang Anda sukai di situs belanja paling aman dan terpercaya di Bukalapak! Belanja semua kebutuhan Imlek Anda lebih terjamin dengan Bukalapak.com!

0