Takut Boros saat Belanja Online? Ikuti Tips ini agar Hemat

Tips ini agar Hemat belanja online

KabarDunia.com Sering takut belanja online karena pasti membuat boros? Apalagi sudah pertengahan bulan masih banyak pengeluaran yang harus dipenuhi. Bagi Anda yang hobi belanja online tidak perlu khawatir kantong kering.

Sekarang sudah banyak cara agar kebutuhan tetap terpenuhi tapi isi dompet tetap terjaga. Anda hanya perlu tahu bagaimana caranya yang tepat. Yuk langsung saja ikuti bagaimana tips belanja online yang hemat ini.

5 Tips Belanja Online agar Tidak Boros

Kegiatan belanja semakin mudah dengan hadirnya teknologi smartphone. Anda hanya perlu menunggu di rumah sampai barang belanjaan datang. Sayangnya kebiasaan belanja yang mudah ini bikin gaya hidup semakin boros.

Jika Anda merasa menjadi salah satu yang takut boros dan akhirnya tidak mau berbelanja online lagi, maka salah besar. Karena dengan meningkatkan antusias belanja ini ada banyak juga cara untuk berhemat.

Penasaran dengan caranya, Anda bisa simak beberapa tips berikut ini.

1.    Jangan Malas Membandingkan Toko Online

Barang bisa sama, tapi mungkin saja berbeda. Inilah yang sering terjadi ketika Anda berbelanja online. Sayangnya banyak yang masih belum menyadari hal ini sehingga justru belanja dengan harga termahal.

Triknya padahal hanya dengan meluangkan waktu lebih untuk membandingkan toko online. Anda perlu tahu mana saja toko online yang menyediakan produk dengan paling murah namun barang sesuai yang diinginkan.

2.    Cek Promo dan Voucher

Setiap marketplace selalu memiliki penawaran tertentu untuk menarik perhatian konsumen, salah satunya dengan promo dan voucher. Khususnya pada saat tanggal-tanggal tertentu.

Selalu cek apakah terdapat promo dan voucher dari toko online tersebut sebelum checkout. Anda akan sangat diuntungkan dengan promo karena bisa memperoleh yang jauh lebih murah dari harga normal.

3.    Menentukan Budget

Tips selanjutnya yang seringkali terlewatkan adalah soal penentuan biaya belanja. Borosnya saat belanja online disebabkan keuangan yang tidak dikontrol sejak awal. Maka lebih baik jika Anda menentukan biaya belanja setelah gajian.

Buat juga pos biaya-biaya kebutuhan lainnya agar terpenuhi terlebih dahulu sebelum Anda memulai belanja. Adanya budget belanja mampu menghemat pengeluaran bulanan dari sebelumnya.

4.    Membuat Daftar Barang Belanja

Layaknya pergi ke supermarket untuk memenuhi kebutuhan bulanan, Anda juga sebaiknya membuat daftar belanjaan terlebih dahulu. Daftar ini akan membantu Anda untuk fokus mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Jadi jika muncul iklan barang lain yang sekiranya tidak dibutuhkan Anda tidak akan terpancing untuk membeli. Daftar belanjaan ini akan memangkas semua produk yang tidak dibutuhkan dalam waktu mendesak, uang pun jadi lebih hemat.

5.    Memanfaatkan Layanan KTA

Siapa bilang belanja dengan cicilan itu merugikan? Justru Anda bisa lebih memperhatikan kebiasaan belanja. Ketika cicilan pertama belum lunas maka Anda bisa menahan diri untuk berbelanja barang baru.

Apalagi saat ini banyak pinjol terbaik yang bisa memberikan fitur pinjaman tanpa agunan. Anda tidak perlu memberikan jaminan harta benda supaya memperoleh uang belanja. Khususnya jika ingin membeli handphone, TV, atau barang dengan tinggi.

Soal aplikasi aman yang memberikan pinjaman online, Anda bisa mengandalkan Tunaiku. Aplikasi Tunaiku menyediakan banyak sekali kemudahan bagi Anda yang ingin berhemat dalam belanja.

Kemudahan mengajukan pinjaman dana ke Tunaiku mulai dari syarat pendaftaran hanya KTP saja sampai keamanan yang terjamin karena berada di bawah naungan PT Bank Amar Indonesia Tbk. PT Bank Amar Indonesia Tbk sendiri telah mengantongi izin fintech dan izin usaha bank umum konvensional dari OJK.

Bagaimana, kini Anda tidak perlu takut lagi untuk berbelanja online. Karena solusinya sudah cukup banyak dan tinggal dilakukan saja.