Menikmati Pesona Keindahan ‘Negeri di Atas Awan’ B29 Lumajang

Menikmati Pesona Keindahan 'Negeri di Atas Awan' B29 Lumajang

KabarDunia.com – B29, tahukah Anda tempat ini? Mungkin saat mendengar nama B29 radak aneh ditelinga, mungkin ada yang mengira bahwa itu adalah sebuah merek deterjen, atau bahkan mungkin itu adalah salah satu alamat di komplek perumahan, blok B nomor 29? Tidak salah jika anda menebaknya begitu, jangan melihat dari namanya saja yang mungkin agak sedikit aneh ditelinga, namun B29 yang ini lain. Ya, ini adalah sebuah bukit yang ada di kawasan kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tepatnya di desa Argosari kecamatan Senduro.

Belum begitu banyak orang yang mengetahui Wisata Unik Negeri Di Atas Awan ini, untuk warga lumajang sendiri mereka berpendapat bahwa tempat ini adalah salah satu kawasan wisata alam yang begitu menakjubkan. Bagi sebagian orang yang telah berkunjung kesana, menyebutnya dengan julukan “Negeri Di Atas Awan”. Anda tahu mengapa disebut seperti itu? Hal ini dikarenakan keberadaan kita dekat sekali dengan awan yang letaknya disekeliling kita, bahkan awan tersebut berada dibawah kita. Udara yang dingin mengharuskan kita untuk memakai pakaian yang serba tebal.

Menikmati Pesona Keindahan 'Negeri di Atas Awan' B29 Lumajang 2

Apabila kesana, kita bisa melihat panorama alam gunung Bromo dan Semeru secara langsung, karena bukit ini terletak diantara dua gunung tersebut. Disalah satu sisi kita bisa menyaksikan deretan pegunungan di wilayah Bromo dengan lautan pasir yang begitu luas. Sedangkan disisi lain kita bisa melihat gagahnya gunung Semeru dengan puncak Mahamerunya yang sesekali bisa mengeluarkan beberapa kumpulan asap yang datang dari kawahnya, maka tepatlah jika pemandangan ini sangat memukau. Sebenarnya bukit ini tidak jauh beda dengan bukit penanjakan yang ada di Probolinggo yang bisa menyaksikan Bromo dari atas. Hanya saja di B29 tidak terdapat fasilitas yang mencukupi untuk para pengunjung. Tidak ada tempat duduk atau tempat berteduh. Cuma bukit berupa lapangan yang tidak begitu luas. Terdapat satu penjual yang menjajakan makanan kecil dan minuman, berupa warung seperti tenda. Sebenarnya kawasan wisata ini sangat berpotensi besar mengundang wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara. Namun keberadaannya yang masih kurang mendapat respon dari pemerintah setempat dan kurangnya promosi, jadinya masyarakat banyak yang tidak tahu.

  • Untuk menempuh perjalanan ke B29 cukup mudah. Dari kota Lumajang anda bisa mengambil arah barat menuju kecamatan Senduro. Bisa ditempuh dengan motor ataupun mobil. Tak jauh dari pasar Senduro, terdapat Pura Mandhara Giri Semeru Agung. Beberapa ratus meter dari Pura terdapat penunjuk arah ke B29. Anda tinggal ikuti saja jalan yang ada. Nanti anda akan memasuki gapura Desa Argosari. Dari desa ini, sebelum menuju ke bukit B29 banyak ojek yang menawarkan jasa untuk mengantarkan anda ke puncaknya. Karena jalan yang ditempuh terjal berliku dan tidak lebar, jadi motor biasa tidak bisa melewati medan yang susah. Kebanyakan mereka yang menawarkan ojek adalah masyarakat suku Tengger, warga asli desa setempat. Cukup dengan Rp 50.000 saja, anda bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan. Mereka akan menunggu kita di puncak B29 semau kita. Bisa tiga puluh menit, satu jam, atau berapapun waktu yang ingin anda habiskan di puncak, tukang ojek itu setia menunggu kita. Meskipun medan yang ditempuh cukup berat, namun setelah anda sampai puncak semua rasa lelah yang menyergap akan hilang seketika saat melihat hijaunya alam dan putihnya awan yang melebur menjadi satu. Sensasi yang diberikan membuat kita seolah terbang.
  • Jadi bagi anda yang memiliki rencana liburan atau sekedar ingin me-refresh otak anda setelah hampir seminggu menghabiskan waktu di tempat kerja, lokasi wisata ini bisa dimasukkan dalam daftar rencana liburan anda. Atau bagi para traveler sejati, sempatkanlah diri anda untuk mengunjungi tempat ini. Bukit diantara dua gunung yang menyajikan sebuah pemandangan yang tak akan ada tandingannya. Puncak B29.

Semoga informasi diatas tentang Wisata Unik Negeri Di Atas Awan bisa menambah wawasan Anda tentang dunia liburan dimanapun, selamat berlibur dan semoga bermanfaat.