Awas, Kelebihan Vitamin A pada Tubuh Ternyata Bahaya!

Awas, Kelebihan Vitamin A pada Tubuh Ternyata Bahaya!

KabarDunia.com Vitamin A bisa ditemukan dalam beberapa makanan, seperti buah-buahan, sayuran, susu, telur, mentega dan margarin yang sudah difortifikasi, daging, serta ikan laut. Vitamin yang identik dengan wortel ini juga bisa berfungsi untuk mengurangi berbagai komplikasi penyakit semacam campak, malaria, HIV serta diare yang terjadi pada anak-anak. Seorang pria juga bisa memakai vitamin ini untuk meningkatkan jumlah sperma dalam tubuh mereka.

Namun, tahukah kamu bahwa jika kelebihan vitamin A justru bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh? Berikut ini merupakan bahaya dari kelebihan vitamin A dalam tubuh, semacam yang dilansir oleh WebMD.

1. Cacat lahir
2. Gangguan sistem saraf pusat
3. Kelainan hati
4. Berkurangnya kepadatan mineral tulang, yang bisa menambah risiko osteoporosis
5. Mengganggu peran vitamin D dalam penyerapan kalsium
6. Mengganggu metabolisme tulang

Dalam suatu penelitian, wanita yang suka mengonsumsi vitamin A dan lebih dari 6.660 IU per harinya yang berasal dari makanan maupun suplemen justru mempunyai dua kali lebih tinggi risiko patah tulang pinggul jika dibandingkan dengan yang hanya mengonsumsi vitamin A sebanyak 1.700 IU per harinya. sedangkan rekomendasi harian vitamin A untuk seorang wanita dewasa adalah sebanyak 2.310 IU perharinya.

Kekurangan akan vitamin ini sama buruknya dengan jika kelebihan akan vitamin ini. Jadi, dengan sesehat apa pun makanan yang kamu konsumsi, jangan sampai mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan.