Google Kobarkan Spirit Olimpiade Lewat Doodle Olimpiade Modern Pertama

Google Kobarkan Spirit Olimpiade Lewat Doodle Olimpiade Modern Pertama

KabarDunia.com – 120 tahun yang lalu, Olimpiade Modern Pertama akhirnya resmi digelar. dilaksanakan pada tanggal 6 April 1896, Olimpiade Modern Pertama ini pun menjadi sebuah tradisi hingga saat ini. Olimpiade sendiri merupakan sebuah tradisi perlombaan yang berasal dari zaman Yunani kuno. Dulu tradisi perlombaan olahraga ini sendiri sempat dilarang pada masa Kaisar Roman Theodosius I, hingga akhirnya digelar kembali di Athena 1.500 tahun kemudian.

Usai dibangkitkan lagi, Olimpiade Athena yang pertama diresmikan oleh raja Georgios I yang berasal dari Yunani dengan ditonton sebanyak 60.000 penonton yang menyambut para atlet dari 13 negara. Mereka berkumpul untuk saling berlomba ajang olahraga olimpiade tingkat internasional.

Stadion Panathinaiko pun akhirnya menjadi satu-satunya stadion yang digunakan pada Olimpiade di tahun 1800-an tersebut, Olimpiade pada musim panas pertama kali ini (1896) akhirnya dianggap sebagai event Olimpiade yang paling sukses pada saat itu. Mempunyai partisipasi lomba dari berbagai negara Olimpiade ini pun akhirnya dianggap sebagai Olimpiade Modern Pertama.
Google Kobarkan Spirit Olimpiade Lewat Doodle Olimpiade Modern Pertama 2
Menurut sejarah, Amerika Serikat merupakan satu-satunya negara yang saat itu mengantongi medali emas terbanyak. Mereka berhasil mendapat total 11 medali. Sedangkan itu sang tuan rumah, Yunani sendiri saat itu hanya bisa berada pada posisi kedua dengan perolehan medali emas sebanyak 10 medali.

Mulai saat itu, Event Olimpiade Musim Panas (Summer Olimpics) pun menjadi rutin digelar dengan kurun waktu 4 tahun sekali. Usai digelarnya Olimpiade Modern Pertama di di Athena pada tahun 1896 ini, Empat tahun kemudian tepatnya tahun 1900, Prancis pun akhirnya ditunjuk untuk menggelar olimpiade yang kedua.

Nah, tahun ini sendiri juga bakal ada pagelaran Olimpiade di musim panas yang untuk kesekian kalinya yang bakal digelar pada 5 Agustus 2016 di Rio de Janeiro, Brazil. Melihat panjangnya sejarah dan rutinnya digelar maka tak heran jika google pun sampai mengapresiasi event ini dengan sebuah animasi google yang menarik seperti yang bisa anda lihat pada halaman utama google hari ini.