Kaya Antioksidan, Inilah Manfaat Buah Bit Bagi Tubuh Anda

Kaya Antioksidan, Inilah Manfaat Buah Bit Bagi Tubuh Anda KabarDunia.com_Kaya-Antioksidan-Inilah-Manfaat-Buah-Bit-Bagi-Tubuh-Anda_Manfaat Buah Bit

KabarDunia.com – Buah bit mulai banyak dikenal masyarakat. Tak lain dan tak bukan karena manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan. Buah ini sering dijadikan jus untuk dikonsumsi. Namun anda juga dapat mengkonsumsinya dengan cara direbus sebentar lalu dibuat salad, dihaluskan untuk sup, dan lain sebagainya. Warna merah pada bit disebabkan oleh gabungan pigmen ungu betasianin dan pigmen kuning betasantin. Anda sudah penasaran dengan bit ini? Berikut ulasan selengkapnya.

> Kandungan Buah Bit

Sebenarnya apa saja kandungan buah bit sehingga manfaat buah bit begitu banyak? Ternyata kandungan nutrisi buah bit melimpah, diantaranya gula alami, sodium, potassium, fosfor, kalsium, magnesium, sulfur, klorin, iodine, zat besi, copper, vitamin B1, B2, dan C. Namun perlu diperhatikan, buah bit tidak dianjurkan dikonsumsi bersama kulitnya. Buah bit kaya akan karbohidrat dalam bentuk gula dengan sedikit kandungan lemak dan protein. Tapi meskipun mengandung karbohidrat, jumlah kalorinya cukup rendah. Jadi jangan khawatir jika konsumsinya dapat membuat anda gemuk. (baca juga: Khasiat dan Manfaat Buah Beet Root Bagi Tubuh)

> Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Manfaat buah bit yang pertama adalah sebagai obat hati, melawan infeksi dan radang, serta dapat membersihkan racun dalam tubuh. Kombinasi jus bit, wortel dan ketimun adalah salah satu obat terbaik untuk membersihkan ginjal dan kandung empedu dari racun yang tertimbun dalam kedua organ tersebut. Bit juga bermanfaat untuk detoksifikasi (pembuangan racun dalam tubuh), pembersihan isi perut, serta mengatasi masalah wasir. Buah bit mampu memproduksi sel-sel darah merah dan dapat mengatasi anemia. Konsumsinya secara rutin dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh anda.

Buah berwarna merah ini diperkaya antioksidan yang dibutuhkan pasien-pasien kanker untuk memusnahkan sel kanker tersebut. Menurut salah satu penelitian, jus bit bisa membantu orang berolahraga lebih lama. Hal ini karena kandungan nitratnya bisa mengurangi pembakaran oksigen saat olahraga. Itulah tadi beberapa manfaat buah bit yang bisa anda dapatkan. Selain manfaat tersebut, masih ada khasiat lain yang dapat anda peroleh ketika anda rajin mengkonsumsi jus buah bit.