6 Manfaat Rahasia Dibalik Manisnya Buah Jamblang (Juwet)

KabarDunia.com Tahukah anda dengan buah jamblang alias juwet, kan? Buah jamblang adalah buah yang berwarna hitam serta mempunyai rasa yang cukup manis. Bentuk buah ini mirip dengan buah anggur hitam. Hanya saja, bentuk buah jamblang lebih lonjong. Syzygium cumini adalah nama latin dari buah jamblang. Tidak hanya mempunyai rasa yang manis, buah jamblang menyimpan tak sedikit fungsiuntuk kesehatan kita. Penasaran? Yuk, kami simak apa saja fungsibuah jamblang ini.

1. Obat diabetes

Buah jamblang dipakai sebagai obat diabetes oleh para pakar kesehatan alternatif. Dengan cara ilmiah, buah jamblang mempunyai indeks glikemik rendah. Faktor itulah yang membikinnya menjadi opsi cocok bagi para penderita diabetes. Dalam suatu  studi yang diterbitkan dalam the Complement Ther Med mengenai efek anti diabetes buah jamblang.

Studi tersebut menunjukkan bahwa buah jamblang mempunyai potensi yang signifikan sebagai bahan obat diabetes. Studi lain menunjukkan bahwa biji buah jamblang bisa menurunkan kadar gula darah sebesar 30%. Fungsibuah ini dikaitkan dengan menurunkan risiko komplikasi dampak diabetes.

2. Menambah kekebalan tubuh serta kekuatan tulang

Tak menyangka, bukan? Buah jamblang mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh semacam kalsium, zat besi, kalium serta vitamin C. kandungan tersebut membikin buah jamblang baik untuk menambah kekebalan tubuh serta kekuatan tulang.

3. Mencegah penyakit jantung

Selain kandungan nutrisi di atas, buah jamblang juga sarat dengan kandungan asam ellagic (ellagitannins), anthocyanins, serta anthocyanidins yang bertujuan sebagai anti inflamasi. Senyawa tersebut juga bertujuan sebagai antioksidan yang sanggup mencegah oksidasi kolesterol serta formasi plak yang memicu penyakit jantung. Tidak hanya itu buah jamblang adalah sumber kalium. Buah jamblang setidak sedikit 100gr mengandung 55mg kalium yang menolong mencegah hipertensi yang juga menjadi pemicu penyakit jantung.

4. Obat infeksi

Bagian lain dari buah jamblang semacam daun, kulit , batang serta biji dengan cara tradisional dipakai sebagai obat infeksi sebab bakteri. Tanaman jamblang menyimpan senyawa semacam asam malat, asam galat, asam oksalat serta tanin. Kandungan senyawa tersebut bertujuan sebagai antimalaria, sifat antibakteri serta gastroprotektif.

5. Melancarkan pencernaan serta kesehatan mulut

Daun pohon jamblang dalam dunia pengobatan tradisional telah dipakai untuk mengobati diare serta maag. Daun tersebut mempunyai sifat antibakteri jadi bisa dipakai sebagai obat untuk menanggulangi gangguan kesehatan mulut.

6. Mencegah kanker

Berbagai studi telah menyelidiki sifat chemoprotective dari buah jamblang. Menurut suatu  studi yang diperbuat oleh tim peneliti Jagetia GC menunjukkan bahwa ekstrak buah jamblang sanggup menghambat radiasi yang dikarenakan oleh generasi radikal leluasa yang menjadi penyebab kanker.

Nah, buah yang sekarang terbukti telah jarang sekali ditemukan di pasar ini nyatanya menyimpan fungsiyang besar bagi kesehatan kita. Kalian bisa menjadikan buah jamblang sebagai bahan resep makanan serta minuman kamu, semacam smoothies umpama. Menu yang sehat untuk tubuh yang sehat.

Comments (0)
Add Comment