Beras Plastik Beredar Di Bekasi, Pemerintah Lakukan Sidak

Ciri ciri Beras Plastik

Ciri ciri Beras Plastik, c

Herbert Panjaitan selaku Kabid Perdagangan Disperindagkop Kota Bekasi, menyatakan sebelum melakukan sidak, petugas memang sudah mendatangi langsung kediaman Dewi Septiani untuk meminta keterangan mengenai Foto yang unggah di media sosial tentang Beras Plastik.

“Setelah sampel beras kami dapat, kami langsung melakukan sidak,” ungkap Herbert.

 

Setelah melakukan sidak, akhirnya petugas mengetahui bahwa pedagang yang menjual Beras Plastik tersebut membeli beras dari salah satu toko beras di pasar baru bekasi. Beras tersebut dicurigai mengandung plastik sintesis yang membahayakan. Beras Plastik tersebut dibelinya dengan yang rendah yakni Rp.8000 per liternya.

Herbert mengatakan bahwa beras tersebut diduga menandung unsur plastik sintesis namun dibutuhkan pengujian secara laboratorium untuk mendapatkan kepastian. “Ini baru dugaan (beras sintetis), perlu uji sampel melalui laboratorium. Pedangan S. mengaku  mendapatkan beras tersebut dari pedagang Aldi. Sementara Aldi mengaku mendapatkan beras langsung dari Karawang” ujarnya.

Pemerintahan kota Bekasi bagian Disperindagkop belum bisa mengambil kesimpulan kalau beras yang dijual S. tersebut benar-benar mengandung bahan plastik sintesis atau tidak. Namun,apabila terbukti setelah melalui uji laboratorium, maka akan melakukan pengusutan hingga ke tempat asal beras itu di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

“Untuk uji laboratorium sendiri akan dilakukan paling cepat tiga hari, apakah ada kandungan berbahaya dalam beras tersebut atau tidak,” ujar  Herbert kepada wartawan.
Setelah selesai Sidak, Herbert meminta kepada seluruh masyarakat untuk tenang dan lebih waspada dalam membeli beras karena tidak ada perbedaan yang jauh dari beras asli atau beras plastik.