7 Tempat Wisata Menarik di Cirebon

7 Tempat Wisata Menarik di Cirebon

KabarDunia.com Salah satu kota tertua di pulau jawa adalah kota cirebon yang mempunyai banyak tempat wisata yang menarik, dan dicirebon kita juga bisa menemukan kebudayaan yang menarik, dan yang perlu diketahui adalah, cirebon ternyata pernah menjadi tempat peradaban Islam di nusantara, pusatnya bisa dibilang, cirebon terletak diantara perbatasan wilayah barat dan timur, dan cirebon juga menjadi jalur distribusi yang ekonomis dan strategis, dan kondisi dokota ini juga selalu membaik dihari demi harinya.

Kota cirebon ini sangat berkembang pesat sekali mulai dari infastruktur yang sangat memadai bagi penduduknya, dan tersedian banyak taksi serta angkot maupaun angkot tradisional seperti becak, saat berjalan-berjalan dan berlibur ketempat ini, rasanya tak lengkap apabila tidak berkunjung untuk menjalajahi kuliner yang ada di kota cirebon, dan berbicara tentang wisata, nampaknya dicirebon juga tempat yang tak kalah bagus dan indahanya dengan wisata-wisata lainnya, maka dari itu kali ini penulis akan memberikan beberapa informasi kira-kira apa saja yang bisa kita jumpai di kota cirebon ini, berikut ulasannya tentang Tempat Wisata Menarik di Cirebon

1. Keraton kasepuhan. Kondisi kraton kasupuhan ini sangat terawat sekali, dan bangunan ini didirikan sejak tahun 1529, dan pangerannya bernama Mas Mochammad Arifin II, dan didalam bangunan ini terdapat museum yang berisi beberapa benda seperti pusaka, serta koleksi kerjaan yang lainnya pada jaman dahulu kala, jika Anda berkunjung disini, maka tempat ini akan menjadi tempat sejarah yang tak akan terlupakan kenangannya.

Keraton kasepuhan

2. Taman sari gua sunyarangi. Wisata disini mempunyai cagar budaya yang sangat luas sekali, dan dibangun sejak tahun 1703 oleh pangeran (Arya Carbon), disini termasuk tempat sultan bertapa dengan beberapa keluarganya, maka dari itulah dikenal dengan julukan sunyarangi, yang memiliki arti raga, dan ini adalah tempat untuk bermeditasi. Disini juga terdapat bangunan kuno sekitar 18 bangunan dan terdapat perpaduan antara china dan Indonesia klasik disetiap bangunannya, bagi para pecinta fotografi, Anda bisa mengabadikan tempat ini sebagai moment, Anda diharuskan membayar 10 ribu saja perorangnnya untuk bisa memasuki tempat ini, dan dibuka pada jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Taman Sari Gua Sunyaragi

3. Banyu panas palimanan cirebon. Disini adalah salah satu tempat pemandian air panas yang sangat ramai sekali untuk dikunjungi, lebih-lebih pada saat hari libur dan akhir pekan terutama, tempat ini berada disalah satu tempat pabrik semen, dan pabrik ini bernama (PT Indocement Tunggal Prakarsa), maka dari itu Anda terlebih dahulu harus melewati pabrik penjagaan ditempat ini, dan disini Anda bisa melihat warna phon-pohon yang hijau dan sejuk sekali, namun juga terdapat batuan kapur disalah satu pemandian ini. Kandunga, dan air ini sangat cukup tinggi bagi warga, dan manfaatnya juga banyak sekali bagi kesehatan tubuh, dan terdapat berbagai jenis kolam mandi pastinya, dan untuk bisa membilas tubuh Anda disini, diwajibkan membayar uang sebesar 6 ribu saja perorangnya.

Banyu panas palimanan cirebon

4. Masjid agung sang cipta rasa cirebon. Masjid ini terletak disalah satu keraton kasepuhan, dan sangat persis sekali dan bersebelahan di alun-alun kota keraton, masjid ini dibangun pada masa kerajaan sunan gunung jati, dan disini terdapat 3 buah bati tegel yang memang khusus dipasang oleh sunan gunung jati pada jama dahulu, dimasjid ini terdapat 9 batu yang menyimbulkan wali 9, akan tetapi bangunan yang kecil ini membuat Anda harus membungkuk terlebih dahulu ketika akan masuk.

 Masjid agung sang cipta rasa cirebon

5. Keraton kanoman cirebon. Awal mula tempat ini adalah tempat peradaban oleh sultan cirebon, dikeraton ini terdapat beberapa benda yang bersejarah sekali, dan disini juga terapat penghias dinding yakni piring porselen yang aslinya dari tiongkok, dan untuk masuk ketempat ini diharuskan membayar uang sebesar 5 ribu saja perorangnnya.

Keraton kanoman cirebon

6. Taman wisata siwalk. Ditaman ini terdapat bukit kecil yang dikelilingi oleh sawah hijau, pemandangannyapun juga sangat indah dan sangat alami, dan disini mempunyai daya tarik yang sangat indah sekali, hingga menjadikan tempat ini sebagai tempat outbond dengan beberapa komunitasnya, disini kita bisa juga menjumpai permainan wahana diantaranya adalah flaying fox, dan beberapa zona petualangan yang lainnya ada disini, dan bagi Anda yang sangat menyukai golf, ternyata disini adalah kawasan wisata yang bisa jadi tempat golf yang menarik, Anda diharuskan membayar 3 ribu perorangnya.

Taman wisata siwalk

7. Kerajinan batik trusmi. Salah satu kekayaan yang mewakili Indonesia ya batik ini, nama trusmi ini adalah salah satu nama yang katanya adalah murid dari sunan gunung jati, disini Anda bisa belajar bagaimana caranya membatik.

Kerajinan batik trusmi

Sungguh begitu suasana yang tidak bisa dilupakan mungkin, karena disini memang terdapat wisata yang sangat menyenangkan dan panoramanyapun tak kalah dengan tempat wisata lainnya, itu saja yang bisa penulis bagikan mengenai informasi wisata kali ini yakni tentang Tempat Wisata Menarik di Cirebon semoga bermanfaat.