Tantang Adrenalinmu Dengan Jelajahi Gunung – Gunung di Malang

Tantang Adrenalinmu Dengan Jelajahi Gunung – Gunung di Malanggunung semeru KabarDunia.com_Tantang-Adrenalinmu-Dengan-Jelajahi-Gunung-–-Gunung-di-Malanggunung-semeru_Gunung di Malang

sumber:pesonabromo.com

KabarDunia.com Udara sejuk dan pemandangan hijau membentang menjadi salah satu ciri khas Kota Malang. Jika dilihat dari udara, kota ini memang dikelilingi oleh deretan gunung yang berada di ujung utara, selatan, barat dan timurnya. Bisa dibilang, Malang adalah lembah yang berada di kaki beberapa gunung sekaligus dan itulah yang membuat udaranya amat sejuk.

Kurang lengkap rasanya kalau liburan ke Malang tapi tidak main ke salah satu gunung yang ada di sekitarnya. Coba tantang adrenalinmu dengan mendaki salah satu gunung di Malang. Pengalamannya pasti tak akan bisa kamu lupakan.

> Panderman

Kamu pendaki pemula, Gunung Panderman yang terletak di ujung Gunung Kawi adalah lokasi yang tepat untuk menantang nyali. Meski tak setinggi Gunung Kawi yang menjadi induknya, namun perjalanan ke Panderman bukanlah pendakian biasa. Dengan trek mendaki yang terjal, kamu harus punya stamina kuat buat mendaki Panderman.

Untuk menuju Panderman, kamu bisa menempuh jalur Malang – Batu dengan bus mini jurusan Jombang/Kediri dan turun di Panderman. Dari tempat penurunan penumpang bus, kamu bisa memilih untuk berjalan kaki menuju pos pertama atau naik ojek. Setelah sampai di pos pertama, barulah pendakian yang sebenarnya dimulai.

> Arjuno – Welirang

Malang jalan gunung semeru KabarDunia.com_Malang-jalan-gunung-semeru_Gunung di Malang

sumber:onthespot-traveler.blogspot.co.id

Gunung Arjuno dan Welirang berada di bagian utara Malang. Kamu bisa menuju kedua gunung ini dari kawasan Lawang, yang menjadi pintu masuk ke Malang dari arah Surabaya.

Berbeda dengan Panderman yang bisa didaki pemula, Arjuno dan Welirang hanya disarankan untuk kamu yang sudah berpengalaman dan sangat dianjurkan untuk menggunakan guide.

Namun jika kamu tidak ingin mendaki sampai puncaknya, di kaki Gunung Arjuno terdapat beberapa tempat wisata yang cantik seperti Air Terjun Kakek Bodo, Bukit Budug Asu dan banyak lokasi lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

> Gunung Semeru

Di antara semua gunung yang bisa didaki di Malang, Semeru adalah juaranya. Gunung ini adalah puncak tertinggi di Jawa dengan ketinggian 3676 mdpl. Tidak mudah untuk menaklukkannya, dan kamu harus punya stamina prima untuk mendakinya.

Belakangan Gunung Semeru sangat populer di kalangan pendaki dan traveller, menjadi salah satu tempat wisata di Malang yang sangat ramai sehingga pihak pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memberlakukan sistem antrian online untuk bisa mendaki di sana.

Untuk menuju ke Semeru, lebih dulu kamu harus menempuh perjalanan ke Desa Tumpang. Dari sini kamu naik jeep atau truk ke Desa Ranu Pane dan perjalananmu ke Semeru pun dimulai.

> Gunung Kawi

keindahan di gunung kawi KabarDunia.com_keindahan-di-gunung-kawi_Gunung di Malang

sumber:infopendaki.com

Berbeda dengan gunung – gunung lainnya yang terkenal lantaran bisa didaki sampai puncak, tidak demikian dengan Gunung Kawi. Gunung yang berbentuk memanjang dan dari jauh nampak seperti puteri tidur ini justru dikenal dengan wisata religinya.

Di sisi selatan Gunung Kawi terdapat klenteng dan pesanggrahan tempat masyarakat meminta doa. Tidak hanya mereka yang menjalankan ritual, pengunjung yang sekedar jalan-jalan pun ramai mengunjungi kawasan pesarean Gunung Kawi. Membuat daerah ini tidak hanya sekedar tempat ritual kepercayaan, tapi juga tempat wisata di Malang yang terkenal sampai luar daerah.

> Gunung Bromo

Secara kawasan, Bromo masuk ke Probolinggo. Namun Gunung ini juga bisa dimasuki lewat jalur Jemplang yang lebih menantang, dan menjadi salah satu tempat wisata di Malang yang populer. Tak sulit menuju Bromo, kamu tinggal memesan jeep dan menunggu di penginapan lalu diantarkan ke Bromo. Meski terkenal dengan matahari terbitnya, momen sunset di Bromo juga cantik banget loh. Coba tunggu sampai matahari terbenam, dijamin kamu enggan untuk pulang!