Inilah 4 Hal Penyebab Murah atau Mahalnya Harga Tiket Kereta Api

Inilah 4 Hal Penyebab Murah atau Mahalnya Harga Tiket Kereta Api KabarDunia.com_Inilah-4-Hal-Penyebab-Murah-atau-Mahalnya-Harga-Tiket-Kereta-Api_Harga Tiket Kereta Api

KabarDunia.com – Kereta api termasuk ke dalam moda transportasi umum yang banyak digunakan di Indonesia. Transportasi ini melayani masyarakat di banyak tempat dan bisa ditemukan dengan mudah. Daripada moda transportasi darat lainnya, kereta api sering menjadi pilihan karena mempunyai jalur sendiri yaitu rel kereta api sehingga penumpangnya terhindar dari macet dan bisa tepat waktu. Tidak seperti moda transportasi darat lainnya yang bisa untuk terjebak macet berjam-jam terutama apabila sedang weekend, libur panjang, mudik lebaran, dan juga libur nasional lainnya. Mendapatkan tiket kereta api juga sangat mudah dan bisa dibeli di banyak tempat dengan harga tiket kereta api yang berbeda-beda. Biasanya ada harga tiket yang murah maupun mahal, dan beberapa hal yang mempengaruhi harga tiket kereta tersebut adalah sebagai berikut:

  • Jenis kereta

Ada banyak kereta yang bisa dipilih oleh masyarakat sama halnya dengan kendaraan massal lainnya. Untuk kendaraan kereta api ini Ada kereta api kelas ekonomi, bisnis, dan juga eksekutif yang bisa dipilih oleh masyarakat. Untuk kelas ekonomi adalah kelas terendah dimana gerbong yang didapatkan tidak akan semewah untuk fasilitas yang ada di kelas lainnya. Akan tetapi walaupun di kelas ekonomi, fasilitas yang didapatkan juga lebih dari harga yang harus dibayarkan sehingga sangat menguntungkan masyarakat.

  • Tujuan kereta

Untuk hal kedua yang membedakan harga tiket kereta api adalah tujuan yang dipilih. Ada banyak tujuan yang dilayani oleh kereta api ini. Dari antar kota hingga antar provinsi yang bisa dipilih untuk masyarakat. Beragam tujuan tersebut tentu akan mempunyai harga yang berbeda-beda dari untuk antar daerah hanya memakan biaya dari 8 ribu seperti tiket prameks solo-jojga dan ada juga yang mahal untuk tiket kereta antar wilayah misalnya Jakarta ke Malang. Tujuan kereta ini akan menentukan harga tiketnya tersebut selain dari memilih jenis kereta. Dimana untuk tujuan kereta yang dekat biasanya tidak ada jenis kereta bisnis atau eksekutif karena biasanya kereta tersebut hanya ada untuk tujuan yang lumayan jauh.

  • Waktu pembelian

Waktu pembelian tiket kereta api tersebut juga akan mempengaruhi harga tiket tersebut. Dimana sebenarnya harga tiket untuk tujuan yang sama biasanya tidak mengalami perbedaan kecuali apabila harga tiket kereta tersebut naik atau turun dari pusat. Tetapi waktu pembelian juga bisa menjadi acuan untuk perbedaan harga tiket kereta yang akan dibeli. Dimana ada waktu khusus harga tiket tersebut akan mempunyai promo sehingga harganya akan lebih murah. Begitu juga saat kondisi khusus ketika permintaan sangat tinggi, biasanya harga tiket akan naik seperti misalnya saat menjelang lebaran dan libur akhir tahun.

  • Tempat pembelian

Tempat pembelian ini juga menjadi faktor yang mempengaruhi harga tiket kereta yang akan dibeli. Ada berbagai tempat yang bisa dipilih dari online dan juga secara langsung. Misalnya untuk pembelian tiket secara langsung Anda bisa untuk memilih membeli tiket di stasiun, ada juga agen perjalanan, dan bisa membeli di Calo apabila sangat terpaksa dengan harga lebih mahal.

Akan tetapi daripada membeli di Calo dengan harga tiket kereta api jauh lebih mahal daripada harga aslinya, Anda bisa untuk memesan tiket tersebut secara online. Misalnya dengan beberapa situs perjalanan yang menawarkan tiket kereta api dengan banyak harga dan bisa dipilih berdasarkan keamanan situs, harga dengan penawaran promo, dan masih banyak lagi ketika akan membeli tiket kereta api di online.