Mengenal Keunikan Gunung Binaiya

Mengenal Keunikan Gunung Binaiya

KabarDunia.com – gunung binaiyah adalah salah satu dari jajaran gunung-gunung yang menjulang tinggi di Indonesia, gunung yang memiliki tinggi sekitar 3.055 meter dari permukaan laut ini sekaligus mengukuh kan diri sebagai gunung tertinggi di daerah Maluku. gunung yang membentang luas di pulau seram ini sekaligus adalah bagian taman nasional Manusela yang berada pada kawasan Maluku Tengah. Gunung ini merupakan gunung yang terbilang sangat unik hal ini dikarenakan hutan tropis yang ada didalamnya memiliki tanaman khas seperti lumut sehingga menampakkan kesan hutan yang lembab dan sejuk. walaupun gunung ini jarang sekali di jamah oleh manusia karena tingkat kesulitan yang tergolong tinggi dan kurangnya perhatian para pecinta alam pada tempat yang eksotis ini membuatnya menjadi salah satu wisaata alam yang tersembunyi belum banyak yang mengetahuinya, sehingga kekayaan alam dan lingkungan masih sangat asli dan terjaga kelestariannya.

Selain itu yang membuatnya unik selain dari segi tanaman yang ada didalam hutan juga karena adanya sungai yang mengalir di kaki gunung yang membuat pemandangan semakin indah dan menawan. selain itu jika anda ingin menjelajah gunung ini anda akan menemukan berbagai satwa liar dan flora khas yang ada didalamnya karena wilayah ini merupakan bagian dari taman Nasional Manusela yang menampung dan melindungibanyak-banyak fauna didalamnya. untuk anda yang ingin menyusuri indahnya gunung ini anda bisa menempuh perjalanan dengan di awali dari desa kanikeh yaitu desa terakhir sekaligus pintu gerbang menuju ke gunung Binaiya.

untuk anda yang akan menginap dan berniat menyusuri alam Gunung Binaiya anda harus memastikan barang-barang persediaan anda cukup untuk anda, hal ini dikarenakan letak Binaiya yang sangat sulit karena berada di pedalaman sehingga nyaris tidak ada jasa transportasi atau jasa fasilitas umum di tempat ini, dan jika anda ingin menginap anda harus menginap di beberapa rumah penduduk yang ada di sekitar tentunya dengan konsep rumah adat yang ditawarkan sehingga bukan saja wisata gunung yang anda nikmati tetapi juga nuansa etnik yang kental membuat liburan anda tidak akan terlupakan. dan jika anda berniat melakukan liburan ke tempat yang masih terjaga keasliannya tersebut anda cukup berkunjung ke daerah Maluku, apapun pilihan anda semoga perjalanan anda menyenangkan dan anda dapat menikmati pemandangan yang tidak akan membuat anda kecewa.