Berpetualang ke Gunung Merbabu yang Penuh Tradisi

Berpetualang ke Gunung Merbabu yang Penuh Tradisi

KabarDunia.com – Letaknya yang berbatasan dengan kabupaten magelang di lereng sebelah barat, kabupaten boyolali di sebelah timur dan lereng selatan, kota salatiga dan kabupaten semarang di sebelah utara membuatnya menjadi salah satu gunung terfavorit yang memiliki peminat pendaki cukup banyak. Gunung api yang memiliki tipe strata ini masih akti hingga saat ini, gunung yang terakhir meletus pada tahun 1560 dan 1797 silam ini memiliki ketinggian yang cukup tinggi mencapai permukaan air laut. Gunung yang dikelilingi oleh banyak hutan ini memiliki pemandangan yang cukup indah sehingga para wisatawan banyak yang berkunjung ke tempat ini.

Untuk anda yang ingin menikmati suasana gunung dengan melakukan pendakian anda bisa melakukannya di tempat ini dikarenakan medan yang tidak terlalu sulit serta jalan yang tidak terlalu berat membuatnya menjadi gunung yang wajib menjadi destinasi pendakian anda, walaupun begitu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan mulai dari suhu udara yang sangat dingin serta kabut tebal yang kerap mengganggu pandangan para pendaki selain itu juga minimnya sumber air sehingga anda harus mempersiapkan bekal dan logistik yang cukup untuk bertahan hidup selama beberapa hari di tempat ini.

Jika ingin mendaki gunung ini terlebih dahulu pengunjung harus menuju ke Kopeng Tekhelan yaitu pintu gerbang yang harus anda lewati ketika akan mendaki gunung ini. ada beerapa jalur yang bisa anda pilih akan tetapi disarankan untuk melewati rute tekelan karena di desa ini terdapat satu pos yang memberikan berbagai informasi tentang rute, kendala serta kesulitan yang akan di hadapi saat melakukan pendakian. Yang perlu anda perhatikan jika berkunjung ke tempat ini adalah waktu berkunjung, anda bisa berkunjung ke tempat ini pada tahun baru jawa yaitu 1 suro karena pengunjung dapat menyaksikan upacara adat di kawah gunung merbabu, dan pada bulan safar biasanya para warga melakukan ritual potong rambut untuk anak-anak yang memiliki rambut gimbal dengan tujuan agar segala kesusahan dan mara bahaya dapat terhindari.

Pemandangan alam gunung merbabu yang indah serta berbagai hal unik yang ada seperti tradisi yang sudah di lestarikan secara turun temurun ini bisa menjadikan suasana mendaki anda jauh lebih menyenangkan, selain itu kehangatan dan keramahan penduduknya membuat gunung merbabu wajib di kunjungi oleh anda pecinta alam. Selamat berpetualang.