Gunung Kerinci dan Segala Keindahan Alamnya

Gunung Kerinci dan Segala Keindahan Alamnya

KabarDunia.com – Gunung kerinci adalah salah satu dari jajaran gunung tertinggi yang ada di provinsi sumatera yang termasuk gunung yang masih aktif hingga sekarang ini. gunung yang memiliki luas kawah mencapai 400×120 meter ini yang sangatindah jika di saksikan dari atas gunung, warna hijau tosca yang identik membuat kawah ini sangat luar biasa. Tidak berhenti sampai di situ pemandangan indah yang ada di bagian timur yaitu terdapat danau yang membentang dengan airnya yang sangat jernih danau ini memiliki nama danau bento, di sisi belakang gunung ini terdapat gunung Tujuh yang memiliki kawah dengan panorama menakjubkan yang belum terjamah oleh manusia sehingga kealamiannya masih sangat terjaga.

Tidak berhenti di situ saja keindahan gunung berapi yang masih aktif dan meletus terakhir kali pada tahun 2009 ini memiliki banyak sekali panorama indah di antaranya hijaunya hutan yang masih asri yang juga sebagai rumah bagi berbagai fauna khas seperti harimau sumatera dan badak jawa yang keberadaanya terancam punah. Hutan yang termasuk alat konservasi ini juga sangat luas yaitu 1.484.658 hektar yang sekaligus mewakili 4 provinsi dan sebagian besar berada di provinsi jambi. Karena habitatnya yang sangat alami dan masih terjaga keasliannya sehingga flora dan fauna khas masih dapat hidup dan berkembang di gunung Kerinci ini, suburnya tanah yang ada memungkinkan beberapa pohon khas dataran rendah seperti Mahoni dan bunga khas seperti bunga bangkai atau raflesia Arnoldi yang hanya bisa tumbuh di daerah tertentu saja. Flora yang ada juga sangat istimewa karena sangat endemic dan tidak ada di hutan-hutan nusantara lainnya seperti Anoa, Tapir dan Kus-kus serta berbagai seperti gajah sumatera, dan berbagai primate khas sumatera. yang membuat tempat ini menjadi surga flora dan fauna unik di nusantara.

Banyaknya flora dan fauna yang ada di tempat ini didukung dengan pemandangan alam yang eksotis serta hutan subur yang membentang membuatnya menjadi favorit para pecinta alam khususnya para pendaki gunung, karena track yang tidak terlalu sulit dengan pemandangan alam luar biasa membuatnya sangat layak untuk anda jadikan destinasi melancong anda. Bagi anda yang ingin melakukan pendakian dengan jalur jambi menuju sungai penuh, lalu sampai di kersik tuo, pondok R 10 dan yang terakhir pintu rimba yang merupakan pintu gerbang pendakian kerinci. Selamat menikmati pemandangan nan eksotis Gunung kerinci.