Wisata Edukasi Sejarah dan Budaya di Candi Badut

Wisata Edukasi Sejarah dan Budaya di Candi Badut KabarDunia.com_Wisata-Edukasi-Sejarah-dan-Budaya-di-Candi-Badut_Candi Badut

KabarDunia.com – Candi Badut merupakan candi peninggalan Kerajaan Kanjuruhan yang ada di kota Malang. Candi ini terletak di tengah perkampungan warga dengan akses menuju candi melalui jalan yang sedikit sempit. Alamat Candi Badut berada di desa Karang Besuki, Sukun, Kotamadya Malang. Berwisata ke candi dapat menjadi pilihan anda mengisi liburan bersama keluarga. Apalagi bersama putra putri kita. mengajak mereka berwisata ke candi memiliki tujuan agar mereka mengenal sejarah jaman dahulu juga kebudayaan masa lalu.

Menurut penelitian para arkeolog candi ini berusia sekitar 1400 tahun, dan dibangun untuk menghormati Resi Agastya seperti yang tertera di Prasasti Dinoyo tahun 760 M. Raja Gajayana pada saat itu membuat arca perwujudan dari Resi Agastya, namun sayangnya arca ini tidak ditemukan. Candi Badut ditemukan pada tahun 1921 oleh orang Belanda bernama Maureen Brecher. Saat awal pertama ditemukan candi ini masih berbentuk seperti reruntuhan yang bercampur dengan tanah. Kemudian dipugar kembali tahun 1925-1927. (baca juga: Menengok Candi Singosari, Pesona Peninggalan Kerajaan Singosari)

> Struktur Candi Badut

Struktur Candi Badut terbagi menjadi tiga bagian yaitu bagian puncak, badan dan kaki candi. Pada bagian kaki ditopang oleh alas berbentuk persegi panjang yang polos tanpa pahatan atau relief penghias. Kemudian terdapat tangga dengan delapan anak tangga. Pipi tangga berbentuk lengkung yang berujung ukel. Dan pada ujungnya terdapat kepala naga. Badan Candi Badut berbentuk persegi dengan tinggi sekitar 3,62 meter. Dari badan kita beranjak ke puncak candi. Puncak candi dinamakan chikara yang menggambarkan alam surgawi atau kayangan para dewa. Sayangnya pada puncak candi sulit kita amati karena sudah tidak jelas lagi. Selain itu ada beberapa bagian candi yang tidak ditemukan. (baca juga: Melihat Keunikan dari Candi Tikus dari Dekat)

Candi memang merupakan aset sejarah dan budaya yang harus kita jaga kelestariannya. Mengingat pentingnya sejarah bagi kita semua. Bila anda ingin berwisata ke Candi Badut, tempat ini memang sangat pas untuk wisata bersama keluarga terutama anak-anak kita. Agar mereka lebih mengenal dekat mengenai sejarah dan budaya pada masa dahulu. Semoga dapat menambah wawasan bagi anda dan selamat berlibur.