Serunya Menyusuri Gelapnya Goa Jomblang Gunung Kidul

Serunya Menyusuri Gelapnya Goa Jomblang Gunung Kidul KabarDunia.com_Serunya-Menyusuri-Gelapnya-Goa-Jomblang-Gunung-Kidul_Goa Jomblang

KabarDunia.com – Jika anda memiliki hobi untuk menjelajah goa goa yang memiliki pesona yang sangat dekat dengan alam maka anda dapat mengunjungi Goa Jomblang yang terletak di kota Istimewa Yogyakarta, tepatnya terletak di desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Tempat wisata Goa Jomblang ini memiliki bentuk vertikal dan berada didalam hutan purba yang dasarnya masih sangat rapat. Gua ini memiliki lorong yang panjangnya mencapai 300 meter. Bagi anda yang hobi berpetualang maka sangat tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini dan jika anda ingin tahu apa saja keindahan yang ditawarkan oleh gua ini maka langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.

Pesona Goa Jomblang

Jika anda menyusuri lorong Goa Jomblang maka anda akan melihat berbagai macam hiasan atau ornamen gua yang sangat indah. Didalam gua ini para pengunjung dapat melihat sinar matahari yang masuk ke dalam gua dan peristiwa ini sering dijuluki dengan cahaya surga. Jika pengunjung menyusuri lorong gua hingga ke ujung maka ada Gua Grubug yang siap menyambut para pengunjung. Gua ini sendiri menjadi sangat terkenal dan banyak dikunjungi sebab memiliki keunikan yang sangat berbeda dari gula lainnya.

Goa Jomblang ini rupanya juga pernah dijadikan sebagai latar untuk obyek gambar Amazing Race Amerika yang dilakukan pada tahun 2011. Gua bertipe collapse doline ini memiliki luas mulut gua yang mencapai 50 meter persegi. Pada awal memasuki gua ini, para pengunjung harus memiliki kemampuan untuk menerapkan tehnik tali tunggal atau yang juga sering disebut dengan single rope. Oleh karena itu pengunjung harus dilengkapi dengan berbagai macam alat yang menjadi penunjang keselamatan diri. Para pengunjung yang datang ke tempat wisata menantang Goa Jomblang ini harus di pandu oleh penelusur yang telah berpengalaman.

Tempat wisata Goa Jomblang ini memang diciptakan bagi mereka yang gemar dengan petualangan dan beberapa peralatan yang diperlukan untuk menjelajah gua ini adalah seat harness, ascender atau croll, chest harness, auto descender, carabiner, footloop jammer, cowstail panjang dan pendek. Adapun perlengkapan yang harus digunakan adalah sepatu boot, coverall, headlamp, dan helm.