Mengunjungi Candi Surowono yang Eksotik

Mengunjungi Candi Surowono yang Eksotik KabarDunia.com_Mengunjungi-Candi-Surowono-yang-Eksotik_

KabarDunia.com Jika anda mengunjungi kota Kediri anda wajib mengunjungi salah satu candi di Kota Kediri. Salah satu candi yang ada di Kediri adalah Candi Surowono. Candi Surowono merupakan candi yang ada di Kecamatan Pare. Menurut ahli sejarah, candi tersebut dibangun pada tahun 1500 an. Pembangunan candi itu sendiri merupakan penghormatan kepada seorang Bhre bernama Bhre Wengker. Nama asli candi ini adalah candi Wishnubhawanapura. Seperti candi lainnya di kota Kediri, candi Surowono ini dibangun dengan bahan baku batuan andesit. Bangunan candi dibentuk bujur sangkar dan dihadapkan ke arah barat. Ukuran luas candi berkisar 50 meter persegi, sedangan untuk tinggi dapat mencapai ketinggian 4,7 meter pada puncak tertingginya.

Berikut beberapa informasi mengenai Candi Surowono yang perlu anda ketahui.

  1. Lokasi candi Surowono

Candi ini terletak di sebuah desa di Kecamatan Pare yang bernama Desa Canggu.

  1. Harga tiket masuk dan jam buka objek wisata

Jika anda memiliki niat untuk mengunjungi Candi Surowono anda tidak perlu mengeluarkan dana sedikit pun. Tanpa tiket pun anda bebas mengekplorasi candi Surowono mulai dari pukul 7 pagi hingga 5 sore setiap harinya.

  1. Akses jalan menuju lokasi

Akses jalan menuju lokasi candi telah diperbaiki, jadi anda dapat dengan nyaman berkendara untuk mencapai lokasi candi. Anda dapat memulai dari kota Kediri lalu lanjutkan ke pusat kota Pare dan terakhir meluncur lah ke desa Canggu.

  1. Kondisi dan Suasana kawasan sekitas candi Canggu

Candi Canggu merupakan tempat wisata yang sangat terawat, sehingga tempat ini sangat terjaga lingkungannya. Di sana anda juga akan menemukan relief – relief seperti relief tentang cerita Arjuna Wiwaha, Gagang Aking, Sri Jantung, serta Bubhuksah. Tidak hanya itu, anda juga dapat melihat relief dari raksasa yang duduk di beberapa bagian candi Cangu.

Bagaimana pendapat anda? Adakah rencana untuk mengunjungi Candi Surowono di kota Kediri?