Menengok Candi Singosari, Pesona Peninggalan Kerajaan Singosari

Menengok Candi Singosari, Pesona Peninggalan Kerajaan Singosari KabarDunia.com_Menengok-Candi-Singosari-Pesona-Peninggalan-Kerajaan-Singosari_Candi Singosari

KabarDunia.com – Candi Singosari atau Candi Singasari adalah candi Hindhu-Budha peninggalan kerajaan Singasari. Lokasi Candi Singosari berada di Jalan Kertanegara, Candirenggo, Singosari, Malang, Jawa Timur. Candi ini ditemukan pada abad ke-18 atau sekitar tahun 1800-1850, oleh orang Belanda. Karena Peninggalan sejarah ini memiliki tinggi sekitar 15 meter dan memiliki bentuk mirip dengan menara. Membuat candi ini dulu dikenal juga dengan nama candi cungkup atau candi menara. Menurut para peneliti candi ini dibangun pada tahun 1300, untuk memperingati 12 tahun kematian Raja Kertanegara.

Candi ini memiliki letak yang strategis, berjarak sekitar 10 km dari arah kota Malang. Selain itu letaknya juga tidak terlalu jauh dari jalan raya. Bila anda telah sampai di pasar Singosari, anda tinggal menempuh jarak sekitar 500 m dari pasar. Candi Singosari pernah dipugar pada tahun 1930 oleh pemerintahan Belanda. Akan tetapi pemugaran ini sepertinya rampung secara menyeluruh, sebab di sekeliling candi masih banyak tumpukan batu yang belum tersusun. Pada halaman candi kita juga dapat melihat beberapa arca Syiwa, Durga dan Arca Lembu Nandini.

Menengok Candi Singosari, Pesona Peninggalan Kerajaan Singosari 2 KabarDunia.com_Menengok-Candi-Singosari-Pesona-Peninggalan-Kerajaan-Singosari-2_Candi Singosari

Bagian-Bagian Candi Singosari

Bagian Candi singosari dapat dibagi menjadi empat bagian, yaitu bagian atas candi, tubuh candi, kaki candi dan teras candi. Tubuh candi berdiri diatas batur kaki setinggi 1,5 m tanpa relief pada kaki candi. Tangga candi tidak diapit oleh pipi tangga seperti candi-candi lain pada umumnya. Pintu masuk candi terlihat sederhana tanpa hiasan relief atau pahatan. Di atas pintu masuk terdapat pahatan kepala kala yang juga sederhana. Memasuki candi terdapat tempat arca atau relungyang juga dalam bentuk sederhana tanpa hiasan pahatan. Pada tengah Candi Singsari terdapat yoni, namun sayangnya yoni ini sudah rusak pada bagian atasnya. Atap candi bila diperhatikan lebih dekat memiliki dua atap, yakni bagian atas dan bawah atap.

Bagian-bagian Candi Singosari memang sudah banyak yang rusak. Namun candi ini tetap memiliki karisma sejarah yang tidak terlupakan. Wisata edukasi sejarah dan budaya ini sangat sayang bila anda lewatkan. Bila kita berkunjung ke sini, jangan lupa untuk selalu menjaga aset negara ini ya. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.