Mengunjungi Kampung Batik Pamekasan

Mengunjungi Kampung Batik Pamekasan

KabarDunia.com Selain wisatanya Kota Pamekasan juga terkenal dengan batiknya. Di Pamekasan ada sebuah kampung yang mayoritas masyarakatnya berpengrajin batik tulis khas Pamekasan, Madura. Kampung ini diberi nama Kampung Batik Pamekasan. Di kampung ini terdapat banyak macam batik tulis yang bermotif cantik dan unik serta melegenda.

Sisi keunikan batik Pamekasan Madura terletak pada warnanya, yang sebagian besar berwarna merah terang dalam motif bunga atau daun. Warna klasik ini telah menjadi tren warna batik tulis Klampar Madura yang sangat melegenda. Di kampung ini selain anda bisa mengenal bermacam – macam motif batik madura dan berbelanja batik, anda juga bisa mengikuti atau belajar membatik.

Keunikan dan kecantikan motif serta warna batik pamekasan yang melegenda membawa membuat kampung ini dijadikan objek wisata. Keunikan batik – batik telah masuk ke pasar – pasar di luar daerah pamekasan, anda bisa menjumpai batik ini di Gerai Yogyakarta, Surabaya, Jakarta serta kota – kota besar lainnya. Batik ini juga sering tampil pada ivent – ivent pameran produk batik khas Indonesia. Di kampung ini juga terdapat banyak gallery batik. Harga batik – batik tulis khas Pamekasan ini berfariasi tergantung dengan kunikan dan kesulitan motif yang disajikan dalam batik tulis ini dan juga bahan bakunya misalkan kainnya, catnya dan lain sebagainya. Harga batik tulis ini berkisar mulai Rp. 75.000 sampai Rp. 3 juta.

Kampung Batik Pamekasan ini juga pernah mendapat rekor MURI lho. Karena berhasil membuat kain batik tulis hingga mencapai 1.530 meter. Pemecahan rekor ini dilakukan pengrajin batik secara beramai-ramai dalam satu kali pembuatan pada tahun 2009. Anda bisa melihat Kain Batik tulis tersebut di Museum Umum Daerah yang dikelola Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan.

Jadi bagi anda yang berkunjung ke Madura, tak lengkap rasanya jika anda tidak menyempatkan diri anda untuk mampir dan berbelanja Batik tulis di Kampung Batik Pamekasan ini. Serta sempatka juga untuk mengintip proses pembuatan batik tulis Pamekasan.