Sejarah Candi Bajang Ratu

Sejarah Candi Bajang Ratu

KabarDunia.com – candi bajang ratu terleta di desa Temon Kecamatan Trowulan, candi bajang ratu merupakan gapura atau candi yang cukup besar peninggalan dari Majapahit. Candi yang ada di Mojokerto ini berfungsi sebagai pintu utama unuk memasuki bangunan suci dalam Negarakertagama yang memperingati wafatnya Raja Jayanegara yang konon disebut sebagai kembali ke dunia Wisnu. Apakah Anda sudah tahu sejarah yang melatarbelakangi candi bajang ratu tersebut? Pastinya belum tahu kan? Candi bajang ratu yang berbentuk gapura dan terbuat dari bata merah dipergunakan sebagai pintu belakang kerajaan yang sampai saat ini digunakan sebagai suatu kebudayaan bagi para peziarah diharuskan masuk harus lewat pintu belakang tersebut. Sejarah candi bajang ratu yang konon pada saat masih kecil Raja Jayanegara pernah terjatuh digapura terebut hingga menimbulkan cacat pada tubuhnya sehingga gapura atau candi tersebut diberi nama “bajang Ratu” yang menurut bahasa jawa diartikan sebagai bangsawan atau raja cacat. Di bawah ini ada beberapa keindahan dari sejarah candi bajang ratu antara lain sebagai berikut :

  1. Bentuk gapura atau candi yang mirip dengan candi yang ada di Bali merupakan daya tari dari candi bajang ratu tersebut.
  2. Keunikan candi atau gapura yang terbuat dari bata-bata merah yang berhiaskan reliefpada bagian-bagian candi tersebut membuat penasaran para pengunjung yang ingin melihatnya.
  3. Relief Kala yang mengelilingi dan menghiasi setiap atap gapura dengan berbagai macam simbol sampai ketahap tertinggi dari gapura tersebut yang membentuk segitiga menjadi pesona keindahan dari candi bajang ratu itu sendiri.
  4. Motif spiral atau sulur yang terdapat dibadan maupun sayap candi membuat bangunan tersebut kelihatan lebih megah dan gagah.
  5. Selain itu adanya simbol sakral yang lainnya seperti singa, garuda, dan naga yang dipercayai umat hindu maupun umat budha sebagai sosok Magis yang dulunya menjadi kendaraan untuk menuju kedunia lain. Hal ini tentunya menjadi daya tarik juga bagi candi bajang ratu itu sendiri.

Demikian dari tulisan saya yang berjudul sejarah candi bajang ratu. Saat Anda berkunjung ketrowulan tidak ada salahnya untuk sejenak berkunjung kecandi bajang ratu untuk melihat keunikan serta keindahan candi tersebut. Selamat berwisata dan terima kasih.