Keistimewaan Museum Adityawarman

Keistimewaan Museum Adityawarman

KabarDunia.com – Setelah lelah dengan urusan sekolah ataupun kerja mari kita melancong ke pulau Sumatera. Tepatnya pulau Sumatera disana kita bisa menjernihkan pikiran dengan melihat keindahan alam yang tak pernah kita duga. Mungkin kita sudah biasa melihat museum tetapi di museum ini kita bisa melihat khusus adat suku minang Masih berada di kawasan Sumatera Barat, setelah anda berkunjung ke beberapa tempat wisata disana maka jangan lupa untuk menambambah wawasan anda dengan mengnjungi museum Adityawarman. Di museum ini kita bisa mengetahui lbih dalam mengenai suku minang mlalui benda-benda antik pada jaman dulu.

Museum ini berada di pusat Kota Padang yang sering dikenal dengan Taman-miniya Sumatera Barat. Hal ini dikarenakan, benda-benda antic di dalam museum ini hampir sama dengan yang ada di Taman Mini Indoneia. Di museum ini anda bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai kebudayaan Minang yang dipimpin oleh raja yang bernama Raja Minangkabau pada abad ke-15 Masehi. di museum ini dapat kiat jumpai berbagai pakaian adat, contoh makanan khas Sumatera Barat, beraneka jenis alat music tradisional, peninggalan Raja Minangkabau, miniature rumah gadang, aksesoris khas Minangkabau, juga terdapat penjelasan mengenai system kekerabatan minang, dan masih banyak lagi lainnya.

Yang menjadi bagian favorit dari para wisatawan adalah bagian dari pelaminan. Pelaminannya unik kebiasaan ini sudah ada sejak jaman dahulu di masyarakat, motif dan warnanya juga dipengaruhi oleh berbagai daerah, yang juga menggunakan budaya India – China.

Di bagian lantai yang bawah ada ruangan khusus dengan tampilan budaya Suku Mentawai yang menerapkan budaya adat istiadat begitu berbeda antara saudara satu provinsi yaitu Suku Minang. Sistem kekerabatan dari ayah diterapkan Suku Mentawai dan sistem matrilineal diterapkan suku Minang. Dengan hanya mengeluarkan biaya untuk membayar karcis masuknya dengan patokaan harga Rp 3000,- pengunjung sudah bisa melihat benda-benda di dalam museum sepuasnya.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai Museum Adityawarman dari artikel yang saya tulis semoga dapat membantu anda dalam mengunjungi tempat wisata yang dapat menambah wawasan. Sebaiknya anda juga mencari referensi lain mengenai tempat wisata ini. Terimakasih dan semoga bermanfaat