Indahnya Ngarai Sianok Bukit Tinggi

Indahnya Ngarai Sianok Bukit Tinggi

KabarDunia.com Ngarai Sianok adalah dua dinding bukit yang berdiri berhadapan hampir tegak lurus. Dalamnya sekitar 100-120 meter memiliki lebar 200 meter, panjang 15 km. Dindingnya membentuk jurang dimana terdapat sawah yang membentang luas serta kelokan sungai di dasarnya. Bagian atas ngarai ditumbuhi pepohonan dan rerumputan. Ngarai ini membentang di kawasan Bukit Tinggi dan Gunung Singgalang dengan keindahan yang sangat mencengangkan. Batu cadasnya sangat tangguh, tidak berubah meski diterpa panas dan hujan silih berganti.

Itulah letak keistimewaan Ngarai Sianok. Apalagi saat matahari terbit dan terbenam. Banyak wisatawan bahkan mengaku tak lengkap jika tidak mengunjungi Ngarai Sianok dalam jadwal wisata mereka. Untuk menikmati keindahan ngarai dari Taman Panorama anda cukup membayar Rp. 4.000, keindahan Ngarai Sianok juga dapat dinikmati dengan turun langsung ke dasar jurang melalui goa Jepang kemudian menyusuri Janjang Koto Gadang.

Lokasi Taman Panorama Ngarai Sianok sendiri terletak di dalam kota Bukit Tinggi, sekitar 1 km dari kawasan Jam Gadang dan Pasar Atas. Anda dapat menjangkaunya dengan kendaraan pribadi atau berjalan kaki seraya menikmati sejukdan segarnya udara Bukit Tinggi. Di dalam kawasan Taman Panorama, tersedia pondok-pondok bagi anda untuk bersantai dan menikmati pemandangan ngarai sambil melihat kelincahan monyet-monyet ngarai yang hidup bebas di kawasan taman.

Di dalam kawasan taman juga terdapat sebuah panggung teater mini yang sesekali digunakan untuk pertunjukan budaya pada waktu-waktu tertentu. Jika anda berdiri di atas panggung batu itu, sejauh mata memandang akan disuguhi keindahan tebing yang berderet yang makin membuat kagum.Keindahan ini yang memang pantang dilewatkan oleh banyak fotografer dan pelukis lokal maupun mancanegara untuk diabadikan.

Di sebelah utara taman, terdapat kios-kios cendera mata yang menawarkan kaus, kerajinan tangan rotan, tas, rajutan, hingga lukisan yang merekam kedahsyatan Ngarai Sianok. Kaus dan baju motif khusus dijual sekitar Rp 30.000-75.000. Sementara itu, lukisan di atas kanvas dengan berbagai ukuran dijual dengan harga Rp 5.000 hingga harga ratusan ribu rupiah.

Sungguh anda tidak akan menyesal mengunjungi ngarai sianok ini. Segala keindahan alam anugerah dari Tuhan dapat anda temukan disini. Apalagi yang anda tunggu, datang dan buktikan dengan mata kepala anda keindahannya.