Eksotisme Arca Totok Kerot dari Peninggalan Kerajaan Kadiri

Eksotisme Arca Totok Kerot  dari Peninggalan Kerajaan Kadiri

KabarDunia.com Pada jaman dulu kota Kediri merupakan salah satu bagian dari Kerajaan Kadiri yang pernah berjaya di masanya. Dan salah satu peninggalan kerajaan Kadiri yang cukup dikenal adalah sebuah Arca Totok Kerot. Arca tersebut ada di dalam daerah wisata sejarah dan budaya kota Kediri bersama peninggalan lainnya yaitu Palinggihan Mpu Maradah serta Sendang Tirto Kamandanu. Menurut cerita yang beredar, dahulunya tempat tersebut adalah tempat dimana Raja Besar bernama Prabu Joyoboyo bertahta. Sehingga banyak tempat di daerah sekitar tempat Arca Totok Kerot berdiri dipercaya sebagai tempat suci atau supranatural. Konon di tempat Arca Totok Kerot berdiri itu juga sering dilakukan pemujaan oleh umat Hindu yang datang dari seluruh Nusantara. Berikut beberapa info seputar Arca Totok Kerot dan daerah sekitarnya.

  1. Lokasi Arca Totok Kerot

Pada faktanya, Arca Totok Kerot berada di dalam komplek wisata budaya dan sejarah dari peninggalan kerajaan Kadiri. Di Desa Menang, yang ada di kecamatan Pagu.

  1. Harga tiket masuk

Untuk menikmati daerah wisata sejarah kota Kediri dan melihat Arca totok Kerot, anda diminta untuk membayar tiket sebanyak Rp 2.000 saja.

  1. Jadwal buka

Untuk mengunjungi daerah wisata tersebut anda harus datang ke tempat wisata sejarah pada pukul 8 pagi. Dan jam tutup tempat tersebut hingga pukul 5 sore.

  1. Keadaan dan kondisi Arca Totok Kerot

Untuk kondisi arca – arca di tempat Arca Totok Kerot berdiri masih baik dan terawat. Lingkungan sekitar pun masih dirawat dengan baik. Jika anda mengunjungi daerah tersebut pada malam 1 Suro anda akan mendapati sebuah pemandangan yang tidak seperti hari biasanya. Karena pada malam itu tempat wisata dimana Arca Totok Kerot berada sangat dipadati oleh pengunjung yang mengharapkan berkah.

Tertarik mengunjungi tempat tersebut? Jika anda pensaran dengan Arca Totok Kerot, ada baiknya anda langsung meluncur ke Kota Kediri. Dan itulah info seputar Arca Totok Kerot dari kerajaan Kadiri yang ada di kota Kediri. Semoga bermanfaat dan terima kasih