Mengulik tentang Gunung Kelud yang Fenomenal

Mengulik tentang Gunung Kelud yang Fenomenal

KabarDunia.com – Sebagai gunung berapi yang masih aktif, Gunung Kelud tidak hanya menyimpan bahaya. Namun Gunung Kelud juga menyimpan banyak daya tarik keindahan pemandangannya. Di tahun 2014 Gunung Kelud telah memuntahkan kembali lavanya setelah pada tahun 2007 juga pernah meletus. Sejak saat itu Gunung Kelud mengalami perubahan. Jika keadaan sedang tenang, anda dapat menikmati udara yang sejuk dan segar di puncak Gunung Kelud. Ketinggian Gunung Kelud sendiri sekitar 1730 meter di atas permukaan laut. Dengan seringnya gunung tersebut meletus, membuat gunung Kelud memiliki 3 puncak yang menjulang tinggi. Sebuah puncak di timur laut adalah Puncak Kelud. Di arah barat anda dapat melihat Puncak Gajah Mungkur. Sedangan di sebelah selatan anda akan menemukan Puncak Sumbing.

  1. Lokasi Gunung Kelud

Sebenarnya Gunung Kelud terletak diperbatasan antara kabupaten Blitar dan Kediri. Namun jarak yang lebih mudah dicapai adalah dari Kediri. Jarak dari kota Kediri sekitar 27 kilometer. Tepatnya di kecamatan Wates, kabupaten Kediri.

  1. Harga tiket masuk dan jam buka

Sebagai salah satu tempat wisata, pihak pemerintah mengharuskan bagi anda yang ingin memasuki kawasan Gunung Kelud untuk membayar retribusi sebesar Rp 10.000 per orang. Jam buka hingga pukul 5 sore. Namun pada malam minggu Gunung Kelud akan dibuka hingga 24 jam.

  1. Fasilitas dan panorama Gunung Kelud

Sejak meletus Gunung Kelud mengalami perubahan yang signifikan. Munculnya kubah dari danau di kawah Kelud membuat anda yang pergi kesana akan takjub. Udara disana juga sangat sejuk dan bersih. Di sana juga ada wisata air panas yang dapat anda nikmati. Ada baiknya mengunjungi Gunung Kelud di malam minggu, agar anda dapat menikmati wisata malam dengan sorotan lampu yang sangat terang benderang. Selain berbagai fasilitas tersebut, anda juga dapat menikmati pertunjukan dan pementasan kesenian khas Kediri.

  1. Akses

Untuk mengunjungi Gunung Kelud anda dapat memilih jalur dari arah Kediri ke Wates lalu ke Margomulyo. Setelah dari tempat tersebut anda lanjutkan ke Bambingan hingga mencapai Jurang Gelap. Dan dari Jurang Gela panda dapat berjalan kaki hingga ke Gunung Kelud.

Dan itulah akhir dari info seputar Gunung Kelud. Semoga bermanfaat dan terima kasih