Cara Asik Belajar Sejarah Kota Malang di Museum Tempo Doeloe

Cara Asik Belajar Sejarah Kota Malang di Museum Tempo Doeloe

KabarDunia.com – Kota Malang adalah salah satu kota besar yang cukup dikenal di Indonesia, tak hanya memiliki hawa yang dingin, Malang juga terkenal akan kulinernya yang beraneka ragam, lokasi wisata yang mengunggah dan banyaknya universitas berkelas yang selalu menjadi rebutan dari lulusan SMA.

Namun meskipun memiliki banyak hal yang meyenangkan di Kota Malang ini, hanya segelintir orang saja yang mengetahui tentang kota yang bersejarah ini. Karena itu lah tak ada salahnya jika anda sedang berada di Kota Malang untuk coba mengunjungi Museum Malang Tempo Doeloe.

Mungkin tempat ini masih terasa cukup asing bagi anda, bahkan bagi warga Malang sendiri. Namun jangan salah, Museum yang sudah berdiri sejak tanggal 22 Oktober 2012 lalu ini seringkali menjadi jujukan bagi wisatawan, terutamanya adalah wisatawan asing yang menginap disekitar lokasi Museum.

Museum Malang Tempo Doeloe sendiri terletak di Jalan Gajahmada, atau lebih mudahnya terletak di bagian belakang dari Balai Kota Malang. Mungkin karena hal inilah hanya sedikit yang mengetahui lokasinya.
Cara Asik Belajar Sejarah Kota Malang di Museum Tempo Doeloe 4
Saat anda mencoba masuk kedalamnya, anda bakal disuguhkan dengan berbagai macam benda bersejarah dari Kota Malang. Meskipun bernama museum, jangan pikir tempat ini adalah yang tempat yang membosankan, karena Museum Malang Tempo Doeloe ini telah ditata dengan penataan berdasarkan periode waktu kejadian dengan sangat apik. Pada bagian awal, Anda bisa melihat sesi jaman purbakala, ada beragam peninggalan seperti bebatuan dan fosil di sesi ini.

Di sesi Kedua, kamu bakal dihadapkan pada suasana jaman kerajaan-kerajaan yang dulunya pernah berdiri di Malang, seperti misalnya adalah Kerajaan Singasari, Kerajaan Kediri, serta Kerajaan Kanjuruhan. Kerajaan-kerajaan itu pula yang pada akhirnya menjadi sebuah tonggal awal dari hadirnya kota Malang. Di sesi ini anda bisa melihat berbagai macam hal sepeti misalnya patung, arca dan berbagai macam peninggalan jaman kerajaan tersebut.
Cara Asik Belajar Sejarah Kota Malang di Museum Tempo Doeloe 3
Dan untuk sesi ketiga, anda akan diajak mengenali kota Malang pada jaman penjajahan Belanda. pada sesi ini anda bisa melihat mengenai berbagai macam foto-foto kota Malang jaman dahulu, tak hanya foto lokasi saja, disini pun anda bisa melihat daftar para pemimpin kota malang sejak jaman penjajahan belanda. selain itu juga ada beberapa surat lama, kamera jadul dan banyak hal yang lainnya bisa anda lihat.

Setelah melewati sejumlah sesi tersebut, anda akan dibawa ke diorama saat penjajahan Jepang, tak hanya sekedar foto, di sesi ini anda pun juga bisa melihat secara langsung helm para tentara jepang jaman dahulu dan berbagai pernak-pernik peninggalan jaman penjajahan jepang yang dikenal kejam.

Dan sesi yang terakhir adalah pada periode saat Indonesia sudah merdeka. Disini anda bisa melihat berbagai macam mainan tempo dulu, makanan jadul dan berbagai macam hal seperti misalnya baju daerah, dan lainnya.