Manfaat Listrik dan Penggunaan dalam Kehidupan

Manfaat Listrik dan Penggunaan dalam Kehidupan

KabarDunia.com Saat ini listrik sudah sama pentingnya dengan oksigen dalam kehidupan. Kebutuhan akan listrik sudah masuk hingga setiap sendi kehidupan. Sebagai contoh bagi seorang ibu rumah tangga yang mana mulai dari pagi harus berurusan dengan banyak sekali peralatan yang membutuhkan listrik seperti setrika, mesin cuci dan peralatan rumah lainnya.

Tak hanya dalam skala rumah tangga listrik juga sangat dibutuhkan dalam skala perkantoran dan industri. Oleh karena itu permasalahan padamnya listrik bisa sangat berpengaruh dalam alur kehidupan. karena membuat banyak pekerjaan terpaksa berhenti karena tidak adanya aliran energi listrik. Bukan hanya terpaksa menghentikan pekerjaan saja, padamnya listrik juga bisa menghentikan kehidupan orang lain yang hidupnya bergantung pada alat-alat bantu elektronik.

Dulu ketika belum adanya listrik hampir tiap rumah hanya bergantung pada lampu minyak untuk menerangi gelapnya malam, mereka harus membuat tungku perapian untuk menghangatkan badan pada musim dingin.

Semua mulai berubah ketika para ilmuwan berlomba-lomba untuk menemukan dan menguraikan prinsip-prinsip listrik. Nama-nama seperti benjamin franklin, Thomas Edison dan Nikola tesla patut disebut sebagai pahlawan karena berhasil membawa cahaya dalam kehidupan.

Berawal dari penemuan dari Benjamin Franklin yang berhasil membuktikan bahwa kilat adalah listrik. Thomas Alva Edison yang berhasil menemukan lampu pertama kali. Serta beragam penemuan dari Nikola tesla seperti generator, transmisi serta tentang cara penggunaan listrik alternating current (AC).

Hingga akhirnya perkembangan zaman membuat manusia semakin berlomba-lomba menciptakan beragam alat yang memanfaatkan energi listrik untuk memudahkan kehidupan.

Manfaat listrik dalam kehidupan ada banyak sekali, beberapa contohnya:

  • Listrik sebagai Penghasil Cahaya
    mungkin sebagian kita masih bisa melihat setiap sudut ruangan dengan baik ketika siang hari, namun ketika malam datang kita memerlukan cahaya dari lampu untuk bisa melihat.
  • Listrik sebagai Penghasil Panas.
    beberapa peralatan rumah tangga berfungsi dengan cara memanfaatkan panas. beberapa peralatan yang bekerja dengan cara memanfaatkan elemen pemanas adalah magic jar, setrika dan banyak lainnya.
  • Listrik sebagai Penghasil Gerak
    listrik juga bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan sesuatu sehingga menghasilkan energi lainnya contohnya adalah kipas angin. Pada kipas angin listrik berguna untuk memutar dinamo yang ada di dalamnya, ketika dinamo berputar maka baling-baling kipas ikut berputar.
  • Listrik sebagai Energi Bunyi
    energi listrik juga dapat diubah menjadi energi bunyi dengan cara mengubah gelombang magnet listrik dan menangkapnya dengan antena radio sebelum dirubah menjadi energi bunyi.

Beruntung saat ini sudah banyak penghasil energi listrik alternatif seperti genset. kehadiran genset bisa menjadi solusi ketika listrik padam agar roda kehidupan tetap berputar.

Genset sendiri saat ini juga menjadi salah satu aset yang dibutuhkan oleh beragam kalangan. sebagai contoh pada sekolah-sekolah kehadiran genset sangat penting terutama ketika sedang melangsungkan ujian berbasis komputer.

Rumah sakit sendiri juga salah satu instansi yang wajib memiliki genset, bagimana tidak ada banyak pasien yang hidupnya bergantung pada peralatan medis seperti ventilator, inkubator dan lainnya. Padamnya listrik bisa mempengaruhi hidup mereka.

Namun, meski kehadirannya sangat dibutuhkan tidak semua kalangan bisa membeli genset mengingat harganya yang cukup mahal. Semakin besar tegangan listrik yang dihasilkan genset semakin mahal pula harganya. sebagai perbandingan harga dan kapasitas silahkan lihat pada tabel dibawah ini

Merk Genset Kapasitas Jenis Harga
Genset HL-1200 LX 650W 2 stroke Rp 1.430.000
Genset HL-1500 LX 1000W 4 stroke Rp 2.500.000
Genset HL-9000 LX 5500W 4 stroke Rp 7.575.000
Genset SF-2900 DX 2200W 4 stroke Rp 9.400.000
Genset HL 11500 DX 10000W Phase 1 Rp 25.155.000
Genset HLT 11500 DXE 5500W Phase 3 Rp 46.000.000
Genset SF-11500 DXE 9500W Phase 1/3 Rp 65.000.000

 

Mungkin ada beberapa jenis genset yang dijual cukup murah namun anda juga harus memperhatikan kebutuhan anda, tentu tidak mungkin anda menggunakan genset kapasitas 1000 watt untuk mengaliri listrik pada sebuah sekolah apalagi rumah sakit. Salah satu solusi mengatasi permasalahan ini adalah dengan cara mencari jasa sewa genset murah.

Beberapa keuntungan dari sewa genset sendiri adalah harganya yang lebih terjangkau dibanding harus membelinya secara langsung. Selain itu anda tidak perlu melakukan perawatan ekstra karena biasanya ketika anda menyewa genset maka semua permasalahan yang timbul akan dihandle langsung oleh vendor.