Perlu Diketahui, Begini Tips Aman Mengemudi di Jalanan Sunyi

Perlu Diketahui, Begini Tips Aman Mengemudi di Jalanan Sunyi

Salah satu kekhawatiran pengendara mobil adalah ketika melewati jalanan yang sunyi. Kondisi seperti ini biasanya dialami ketika Anda belum pernah melintasi jalanan tersebut, sehingga mau tidak mau harus melewatinya agar cepat sampai di lokasi tujuan. 

Bagi Anda yang sudah terbiasa mungkin akan merasa lega karena lalu lintas menjadi lancar, di sisi lain ada rasa khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu contohnya adalah kejahatan begal yang akhir – akhir ini meresahkan banyak orang. Berikut ini adalah tips yang sebaiknya Anda lakukan ketika sedang mengemudi di jalanan sunyi. 

  1. Sigap dan Gesit Saat Berkendara

Salah satu yang penting Anda lakukan adalah selalu sigap dan gesit saat berkendara di jalanan sunyi. Anda harus teliti memperhatikan keadaan sekitar, maka dari itu Anda harus terlihat berwibawa saat menyetir. Hal ini bertujuan supaya terhindar dari kejahatan yang bisa saja mengintai. 

Jangan terlalu cepat dan jangan terlalu pelan dalam berkendara. Atur kecepatan mobil Anda agar bisa bermanuver dengan baik. Dijamin pelaku kejahatan akan berpikir dua kali sebelum menghampiri incarannya. 

  1.         Tetap Waspada dan Konsentrasi

Tingkatkan kewaspadaan dan konsentrasi saat berkendara, hal ini merupakan kunci supaya Anda tetap aman ketika sedang melintasi jalanan yang sunyi. Perhatikan ada apa saja di sekitar jalan yang dilewati. 

Apabila Anda fokus menyetir, pastinya akan lebih mudah menemukan sesuatu yang mencurigakan. Dan bisa saja hal tersebut mengancam keselamatan Anda di perjalanan. Tetapi, Anda sudah terlebih dahulu melakukan antisipasi sebagai tindak pencegahan menghindari bahaya. 

  1.       Beristirahat di Tempat Ramai

Ketika Anda melewati jalanan yang sunyi, namun tiba-tiba di tengah perjalanan Anda ingin beristirahat sejenak atau ada keperluan mendadak yang membuat Anda mau tidak mau harus berhenti, sebaiknya carilah tempat yang ramai seperti Rest Area misalnya. Cara ini dilakukan agar terhindar dari potensi tindak kejahatan.

  1.     Tingkatkan Kecepatan Mobil

Pada kondisi tertentu, Anda bisa menaikkan kecepatan mobil. Apabila terlihat munculnya mobil lain dari arah belakang seolah mengikuti jalannya mobil Anda secara terus menerus, Anda patut waspada bisa jadi ada seseorang tengah membuntuti mobil Anda diam-diam. Sebagai antisipasi tindak kejahatan, sebaiknya Anda memasang kecepatan tinggi supaya orang tersebut berpikir dua kali untuk mengikuti mobil Anda. 

Itu dia tips yang bisa Anda lakukan ketika sedang berkendara di jalanan yang sunyi. Anda juga dapat membeli asuransi mobil untuk memberikan keamanan saat berkendara jarak jauh, salah satunya adalah dengan memiliki asuransi Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, yang memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda. Jika mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Anda cukup menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam.