Prinsip Kerja Serupa, Ini Beda Mesin Toyota Sienta dengan New Avanza

Prinsip Kerja Serupa, Ini Beda Mesin Toyota Sienta dengan New Avanza 2 KabarDunia.com_Prinsip-Kerja-Serupa-Ini-Beda-Mesin-Toyota-Sienta-dengan-New-Avanza-2_Toyota Sienta

KabarDunia.com – Sejak diperkenalkan beberapa hari lalu, Toyota Sienta sukses merebut perhatian pecinta otomotif. pasalnya Toyota Sienta disebut-sebut menggunakan sebuah mesin jenis baru yang selama ini belum pernah digunakan oleh produk Toyota lainnya yang ada di Indonesia. Banyak kabar yang beredar mengatakan bahwa mesin Sienta mirip dengan milik New Avanza.

Seperti yang diketahui, Toyota Sienta sendiri bakal masuk kedalam segmen MPV. untuk dapur pacunya sudah menggunakan mesin 4-silinder dengan kapasitas 1.497cc, DOHC serta Dual VVT-i dengan dukungan 2NR-FE.

Di Indonesia, mesin 2NR-FE yang ada di Sienta mempunyai spesifikasi “F” yang mana memiliki arti memakai dua camshaft alias dual overhead camshaft (DOHC) sementara itu penggunaan “E” artinya adalah Electronic Fuel Injection (EFI).

Toyota Sienta di Indonesia sendiri diklaim bakal menghasilkan tenaga sekitar 105 tenaga kuda dengan torsi 140 Nm. hal ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan mesin yang dipakai Grand New Avanza. pasalnya meskipun sekilas spesifikasinya mirip kode mesinnya adalah 2NR-VE. Tenaga puncaknya hanya 104 Ps pada posisi 6.000 rpm, sedangkan torsinya lebih kecil dibanding Sienta, 136,3 Nm pada 4.200 rpm.
Prinsip Kerja Serupa, Ini Beda Mesin Toyota Sienta dengan New Avanza KabarDunia.com_Prinsip-Kerja-Serupa-Ini-Beda-Mesin-Toyota-Sienta-dengan-New-Avanza_Toyota Sienta
Technical service Division Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurrahman, menjelaskan meskipun blok kedua mesin sama tetapi bisa dipastikan bahwa komposisi komponen keduanya berbeda.

“Prinsip kerjanya memang serupa, namun desainnya berbeda. perbedaannya adalah desain mesin milik Sienta menghadap ke arah depan karena Toyota Sienta memiliki penggerak roda bagian depan, sedangkan itu Avanza menghadap ke arah belakang karena yang digerakan oleh mesin adalah roda bagian belakangnya,” ujarnya.