Kisah BKS Iyengar, Bapak Yoga Dunia yang Kini Berulang Tahun ke 97

Kisah BKS Iyengar, Bapak Yoga Dunia yang Kini Berulang Tahun ke 97KabarDunia.com Salah seorang pakar yoga, BKS Iyengar alias Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar adalah salah seorang penemu salah satu aliran yoga yang dikenal dengan nama “Iyengar Yoga”. BKS Iyengar adalah ahli yoga yang lahir pada tanggal 14 Desember 1918  dan meninggal pada tanggal 20 Agustus 2014 lalu, Selain sebagai  pendiri aliran Iyengar yoga. BKS Iyengar juga dikenal sebagai penulis buku tentang berbagai macam latihan yoga serta filsafat termasuk didalamnya adalah cahaya pada Pranayama, cahaya pada Yoga, cahaya pada sutra Yoga Patanjali serta cahaya pada kehidupan. BKS Iyengar sendiri adalah salah satu siswa terbaik dari Tirumalai Krishnamacharya, yang dikenal sebagai sosok “Bapak yoga modern”.

Pada masa kecilnya, kehidupan BKS Iyengar cukup sulit. dia mengalami berbagai macam penyakit seperti influenza, malaria serta TBC. karena itulah BKS Iyengar kecil sangat lemah.

Ketika ia menginjak usia lima tahun, keluarganya pun memtuskan untuk pindah ke Bangalore, dan setelah berselang empat tahun, ayahnya akhirnya meninggal karena penyakit usus buntu. Pada tahun 1934, yogi Sri Tirumalai Krishnamacharya, salah satu saudara iparnya,  meminta kepada Iyengar yang masih berusia 15 tahun untuk datang ke Mysore, selama disana Iyengar pun dapat meningkatkan kesehatannya melalui praktek yoga. Di sana pula, BKS Iyengar muda belajar mengenai latihan asana secara rutin, yang tanpa disadari dapat memperbaiki kesehatannya.

Pada saat berumur 18 tahun, BKS Iyengar pun memilih pindah ke Pune (tahun 1937). dia pindah ke Pune karena adanya dorongan dari sodaranya Krishnamacharya, untuk mengajarkan ilmu yoga disana. Ia pun menghabiskan hingga berjam-jam setiap harinya untuk belajar dan bereksperimen berbagai macam teknik. pada tahun 1952 ia pergi ke Bombay untuk meluaskan ajaran yoganya tersebut.

Pada tahun 1966, BKS Iyengar akhirnya menerbitkan sebuah buku pertamanya yang berjudul cahaya pada Yoga. Buku pertamanya ini pun pada akhirnya sukses menjadi best-seller di tingkat internasional. Pada tanggal 10 Oktober 2005, bukunya tersebut telah diterjemahkan ke dalam 17 macam bahasa serta berhasil terjual hingga tiga juta kopi. pada 20 Agustus 2014 lalu BKS Iyengar akhirnya menghembuskan nafas terakhirya pada usianya yang mulai menginjak  ke-96 tahun.