Inilah Raspberry Pi Zero, Komputer Mini Seharga Rp 70 Ribu

Inilah Raspberry Pi Zero, Komputer Mini Seharga Rp 70 Ribu 3

KabarDunia.com – Raspberry Pi Foundation, Perusahaan asal Inggris dikabarkan telah resmi merilis mini komputer  yang diberi nama Raspberry Pi Zero dengan bandrol harga yang super murah untuk ukuran komputer bahkan mini komputer keluaran Raspberry yang lainnya!.

Tapi tunggu dulu, jika anda belum mengetahui bagaimana bentuk mini komputer Raspberry Pi Zero ini, jangan bayangkan jika ini adalah sebuah komputer lengkap dimana lengkap dengan ada keyboard, mouse, serta layar. karena, komputer mini yang dijual oleh Raspberry Pi tersebut hanyalah bagian inti dari sebuah komputer atau sering disebut dengan chip atau pun motherboard namun berukuran cukup kecil. Raspberry Pi ini sendiri banyak kegunaanya bisa untuk dijadikan sebagai PC, Tablet, handphone, bahkan robot.

Inilah Raspberry Pi Zero, Komputer Mini Seharga Rp 70 Ribu 2

Mengutip dari informasi yang telah di dapat dari laman PC World, pada Jumat (27/11/2015), Raspberry pi Zero adalah inti komputer yang dimana berbentuk sebuah papan sirkuit dengan ukuran 65 x 30 milimeter. Raspberry Pi Zero ini pun dibanderol dengan harga yang bisa dibilang super murah, yaitu sekitar US$ 5 atau kurang lebih Rp 68 ribu.

Saking murahnya perangkat ini, Raspberry Pi Zero pun sampai dijadikan bonus pembeli majalah MagPi edisi bulan Desember tahun 2015 ini. Hal ini tentu cukup menguntungkan, mengingat biasanya majalah komputer yang lainnya hanya memberi bonus berupa CD aplikasi.

Sekadar informasi tambahan, Raspberry Pi Foundation selama ini dikenal sebagai sebuah perusahaan yang telah mengembangkan berbagai komputer mini dimana dapat bekerja hanya dengan dicolokkan ke TV serta keyboard.

Inilah Raspberry Pi Zero, Komputer Mini Seharga Rp 70 Ribu

Adapun spesifikasi Raspberry Pi Zero:

  • Prosesor BCM2835 clock up to 1GHz
  • RAM 512MB
  • soket micro-SD
  • soket mini-HDMI
  • soket micro-USB untuk data
  • soket micro-USB untuk daya
  • konektor 40-pin GPIO