Mengenal Duke Kahanamoku, Sang Peraih Medali Emas dan Penemu Selancar

Mengenal Duke Kahanamoku, Sang Peraih Medali Emas dan Penemu Selancar

KabarDunia.com Pecinta olahraga laut pasti sudah tidak asing lagi dengan olahraga surfing alias berselancar. Semua orang pun juga tahu bahwa olahraga yang satu ini memperlukan sebuah skill khusus supaya dapat bergelut dengan ombak laut dengan cara baik. Lantas, siapakah sebenarnya pencetus olahraga laut yang memakai selancar ini? Bagi kalian yang bukan peselancar mungkin sangat asing dengan sosok Duke Kahanamoku yang menurut sejarah dilahirkan 125 tahun yang lalu atau tepatnya pada tanggal 24 Agustus 1890 silam.

Guna merayakan hari lahir dari sang penemu surfing inilah¸ akhirnya situs mesin pencari Google pun pada hari ini kembali membikin sebuah doodle animasi pada halaman utamanya dengan tema Duke Kahanamoku. Google doodle kali ini khusus untuk merayakan ulang tahun yang 125 tahun dari sang penemu olahraga penakluk ombak tersebut. Sosok Duke Kahanamoku ini pun menjadi sosok yang dipilih untuk tampil pada halaman Google secara global. Prestasi yang pernah diraih oleh Duke Kahanamoku antara lain adalah medali emas Olimpiade pada cabang olahraga Renang. Sebagai seoarang anak pantai, hampir setengah hidupnya memang ia habiskan lautan.

Duke Kahanamoku

Apalagi pada masa kanak-kanak Duke Kahanamoku sampai berhasil menemukan olahraga papan selancar alias surfing. Ia sendiri dibesarkan di kawasan pantai Hawai. Di sanalah Duke Kahanamoku kecil mulai belajar berenang sampai akhirnya bisa membikin prestasi. Tidak hanya dalam juara lomba yang diadakan dengan cara resmi, Duke Kahanamoku pun juga dikenal ahli dalam hal yang berkaitan dengan papan surfing. Ia pun juga sempat membikin papan surfing yang terpanjang. Bahkan Duke Kahanamoku juga menjadi sorotan para media seusai berhasil berdiri selama 3 jam di atas papan surfingnya.

Tak hanya itu saja, salah satu yang yang turut membantu olahraga selancar tersebut populer adalah sebuah aksi heroik yang dilakukannya pada tanggal 14 Juni, 1925, ketika itu Duke Kahanamoku berhasil menyelamatkan 8 orang dari total 29 nelayan yang hanyut karena kapalnya terbalik di kawasan perairan Newport Beach California. Dengan memakai papan surfingnya, Kahanamoku melakukan perjalanan evakuasi satu persatu korban ke bibir pantai.

Rekan Kahanamoku, dua orang peselancar yang lain yang saat itu sedang menenami Kahanamoku hanya dapat menyelamatkan sebanyak 4 orang nelayan jadi total hanya 17 orang yang akhirnya tewas karena ombak. Kepala kepolisian Newport pun menyatakan bahwa upaya penyelamatan yang Kahanamoku lakukan dengan memakai selancarnya merupakan suatu perbuatan super dengan menggunakan papan surfing yang sempat ada di dunia.

Dengan berbagai catatan gemilangnya, Duke Kahanamoku, maka tidak heran pada hari ulang tahunnya yang ke-125 kali ini, Google membagi apresiasinya serta penghormatan kepadanya dengan memasang sebuah doodle yang menggambarkan wajahnya lengkap dengan sebuah latar belakang pantai Hawaii yang terkenal eksotis. Bahkan pada Google Doodle kali ini juga terdapat logo papan surfing/selancar sebagai bagian dari backgroundnya. Selamat Ultah yang ke-125 ya Duke Kahanamoku! :).