Wow, Ternyata Pluto Juga Memiliki Sebuah Hati!

Wow, Ternyata Pluto Juga Memiliki Sebuah Hati!

KabarDunia.com Hari Selasa kemarin (14/07), sebuah pesawat NASA yang berjuluk New Horizons, akhirnya sukses terbang di atas Pluto dengan jarak yang sangat dekat, kurang lebih sekitar 768.000 kilometer dari atas permukaan planet kecil tersebut. Dari jarak yang cukup dekat itu, New Horizons pun berhasil memperoleh gambar Pluto yang paling detail untuk pertama kalinya.

Menariknya, dari gambar tersebut seolah tampak apabila Pluto mempunyai sebuah ‘hati’. Yap, pada bagian kanan bawahnya, terdapat sebuah permukaan yang bentuknya seperti hati dengan warna yang sedikit lebih terang jika dibandingkan bagian lainnya.

Berdasarkan perhitungan NASA, ‘hati’ Pluto tersebut panjangnya mencapai 1.600 kilometer. Namun sayangnya, pada hati Pluto tersebut menurut NASA tidak ada yang spesial serta tidak memiliki bagian yang unik jika dibandingkan dengan bagian lain yang ada di permukaan Pluto.

Warna cerah yang terdapat pada ‘hati’ Pluto itu sendiri disebut hanyalah dikarenakan dataran tandus yang diduga sedang mengalami sebuah proses geologi.

Hingga saat ini, baru beberapa gambar yang telah sukses diterima oleh NASA dari New Horizons. Faktor itu disebabkan karena lamanya sebuah proses pengiriman data yang dikirimkan oleh New Horizons yang berada di dekat Pluto menuju Bumi.

Bayangkan saja, untuk bisa memperoleh sebuah sinyal dari New Horizons, NASA pun sampai membutuhkan waktu kurang lebih 4,5 jam. Apabila semuanya berlangsung dengan sesuai rencana, NASA lalu membutuhkan waktu kurang lebih lebih dari satu tahun untuk bisa mendownload sampai ribuan gambar Pluto yang telah sukses di ambil oleh pesawat New Horizons.