Lakukan Hal Ini Jika Smartphone Jatuh Ke Air

smartphone jatuh ke air

KabarDunia.com – Smartphone atau hp pintar pada zaman modern sekarang ini sudah tidak bisa di pisahkan lagi dengan seluruh aktifitas sehari-hari. Banyak sekali hal-hal yang bisa dipermudah dengan adanya Smartphone seperti Browsing, ngirim Email, sms dan lain-lain.

Dengan banyaknya fungsi penting dari smartphone, kehilangan maupun jatuh kedalam air bisa menjadi masalah yang besar bagi kita.

Jika smartphone anda jatuh kedalam air, hal pertama kali yang harus anda lakukan adalah dengan mengeluarkan hp tersebut dari dalam air. Karena jika terlalu lama didalam air akan beresiko sangat fatal terhadap mesin dan organ dalam smartphone anda.

Resiko tersebut akan tambah berbahaya lagi jika jatuh kedalam air laut, karena mengandung garam, maka segeralah mengeluarkannya jika terjatuh ke dalam air laut.

Setelah dikeluarkan dari dalam air, segera matikan hp anda. Karena kalau anda membuatnya tetap hidup dalam keadaan basah merupakan cara yang paling efektif untuk merusak hp anda. Jika smartphone anda mati ketika berada di dalam air, maka pastikan kalau smartphone anda sudah mati total dengan cara memencet tombol power pada hp tersebut.

Setelah dimatikan, keringkanlah hp anda dengan menggunakan kipas angin atau sinar matahari, Lepaslah baterai smartphone anda, lakukan juga dengan melepas sim card dan micro sd, jika ada. Lepas juga beberapa bagian yang bisa di lepas supaya udara bisa mesuk ke bagian- bagian smartphone anda dan mengeringkan sisa airnya.

Tidak di sarankan mengeringkan hp menggunakan pengering rambut, karena panas yang dihasilkannya bisa merusak organ dalam dari smartphone anda. Jangan sekali-kali mencoba mengeringkan Smartphone yang terkena air dengan menggunakan Oven atau freezer karena dapat menyebabkan kerusakan permanen pada komponen ponsel anda.

Untuk memastikan ponsel anda sudah kering luar maupun bagian dalam, simpanlah smartphone anda kedalam tumpukan beras sampai tertutup semua oleh berasnya. Beras sudah terpercaya bisa menyerap kelembaban yang ada di bagian dalam smartphone anda sampai benar-benar kering.

Langkah terakhir setelah yakin smartphone anda sudah kering adalah dengan mencoba untuk mengisi baterai ponsel anda, kalau ada tanda-tanda hidup maka smartphone anda dalam keadaan baik.

Namun, harus di ingat bahwa jika ada sisa air yang berada di bagian dalam ponsel maka dalam jangka panjang akan menyebabkan bagian-bagian dalam smartphone menjadi karat yang bisa menimbulkan kerusakan selanjutnya atau perlu ganti yang baru. Maka berhati-hatilah.