Berlensa 50,6 MP, Ini Spesifikasi dan Harga EOS 5Ds dan EOS 5DsR

Berlensa 50,6 MP, Ini Spesifikasi dan Harga EOS 5Ds dan EOS 5DsR

KabarDunia.com Canon melewati PT. Datascrip baru saja melempar dua produk kamera DSLR kelas premium ke pasar Indonesia yang beresolusi 50,6 megapiksel, yakni EOS 5Ds serta EOS 5DsR.

Kedua kamera baru tersebut masing-masing bakal dijual seharga Rp 55 juta untuk yang EOS 5Ds serta Rp 58 juta untuk seri yang EOS 5DsR. Harga tersebut tak dipaketkan dengan lensa atau bisa dibilang body only.

Walaupun harga yang telah dipatok bisa dibilang cukup tinggi, namun tak sedikit fotografer yang sudah mulai memesannya. Pada sesi penjualan yang pertama total ada 50-60 unit, dan 40 persen diantaranya pun telah resmi dipesan. Baik seri EOS 5Ds serta EOS 5DsR, bakal mulai terdapat di pasaran mulai pertengahan Juni 2015.

Secara fisik, kedua kamera tersebut tampak sangat identik, di mana pada layar LCD yang diusung pada bagian belakangnya sama-sama berukuran 3,2 inci dengan total 1,04 juta dots.

Yang membedakan dari keduanya merupakan EOS 5DsR sudah dibekali dengan low-pass filter (LPF) Effect Cancellation dimana hal itu berguna untuk menghasilkan kualitas gambar yang jauh lebih tajam serta detail jika melakukan pengambilan gambar dengan mode landscape.

Sedangkan pada seri EOS 5Ds telah dipersenjatai Optical LPF yang diklaim sanggup meminimalisir tampilan distorsi yang tak dinginkan ataupun efek moire.

selain itu, keduanya pun sama-sama telah ditopang dengan sensor sebesar 50,6 MP, prosesor dengan dual DIGIC 6, sensor metering RGB+IR 150K piksel yang telah mendukung 252 area, dua buah slot kartu SD/CF, bulb timer, intervalometer serta time-lapse movie creation.

Ditambah juga rentang ISO mulai dari 100 sampai 6400, autofokus 61-titik, fitur burst rate sampai 5 frame per detik, shutters rated yang mencapai 150.000 kali, serta dilengkapi bodi magnesium alloy yang diklaim tahan cuaca.