Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Penemu Piano, Bartolomeo Cristofori

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Penemu Piano, Bartolomeo CristoforiAnimasi Bartolomeo Cristofori sedang bermain piano (c) Google

KabarDunia.com Nama dari Bartolomeo Cristofori sedang diperingati oleh Google Doodle pada kali ini. sebab hari ini adalah hari kelahiran dari pria yang berasal dari Francesco (Italia) tersebut. Cristofori yang diketahui lahir pada tanggal 4 Mei 1655 adalah seorang penemu piano, suatu alat musik yang saat ini lazim dipakai oleh tidak sedikit masyarakat.

Tak banyak orang yang mengenal bagaimana kisah pada masa kecil Cristofori. Namanya pun mulai melambung ketika ia mulai menginjak usia 33 tahun saat itu Cristofori direkrut oleh Prince Ferdinando de Medici, salah seorang penggila musik yang juga seorang pewaris dari Cosimo III, salah satu dari Grand Dukes of Tuscany.

Sebelumnya, Cristofori juga pernah ikut menimba ilmu pada seorang Nicolo Amati yang tak lain adalah seorang pembuat biola yang sangat populer pada era tersebut. Kerja kerasnya saat sedang bersama Amati lah yang akhirnya diyakini sebagai penyebab dari kenapa Ferdinando akhirnya mengundang Cristofori untuk bergabung dengannya.

Cristofori sendiri mulai membikin alat musik yang bernama piano sejak pada tahun 1700. Awalnya, alat musik hasil temuan Cristofori yang mempunyai suara empat oktaf tersebut lebih dikenal sebagai pianoforte, tetapi lambat laun akhirnya temuan Cristofori itu lebih tidak jarang disebut dengan nama piano saja. Salah seorang jurnalis yang bernama Scipione Maffei pun menyebut bahwa alat musik hasil temuan dari Cristofori tersebut sebagai gravecembalo col piano e forte alias berarti harpsichord dengan tuts lembut tetapi juga mempunyai suara yang lumayan keras.

Pada akhirnya, Cristofori pun patut bangga sebab temuannya tersebut saat ini menjadi salah satu alat musik yang cukup digemari oleh kalangan masyarakat. Tidak jarang banyak sekali pianis hebat yang bermunculan sebab keterampilan dari jarinya dalam memainkan tuts piano hasil temuan Cristofori tersebut.

Sang penemu piano ini sendiri kemudian meninggal pada tanggal 27 Januari 1731. Sekarang dikabarkan ada tiga buah piano orisinil buatan dari Cristofori yang tetap tersimpan di Museo Strumenti Musicali Roma (Italia), Metropolitan Museum of Art (Amerika Serikat), serta Musikinstrumen-Meseum of Leipzig University (Jerman).