Find My Phone, Fitur Canggih untuk Menemukan Android yang Hilang

Find My Phone, Fitur Canggih untuk Menemukan Android yang HilangFind My Phone Fitur Baru Google untuk Menemukan Ponsel yang hilang

KabarDunia.com Dengan padatnya kesibukan yang terjadi di tengah aktivitas sehari-hari kerapkali membikin kita lupa akan meletakkan smartphone. Alhasil, kita pun sering kelimpungan dalam mencari dimana lokasi terakhir kita meletakkan handphone yang kini telah mempunyai posisi sangat penting dalam keseharian.

Google pun membikin mesin pencariannya yang mempunyai kemampuan cukup unik untuk mempermudah para pemakai perangkat berbasis Android dalam menemukan kembali handphone yang tiba-tiba saja menghilang sebab lupa lokasi penyimpanannya. Demikian info yang telah dilansir Phone Arena, Sabtu (18/4/2015).

Pengguna hanya butuh menuliskan ‘find my phone’ di tab yang biasa dipakai guna memasukkan kata kunci dalam pencarian. di Google Seusai itu, Google bakal langsung mengarahkan sang pemakai ke sebuah laman peta lokasi handphone itu berada lengkap dengan dua buah menu tambahan yakni menderingkan handphone, mengunci serta menghilangkan data.

Fitur menderingkan handphone ini pasti sangat bermanfaat bagi anda yang memang sedang kesusahan dalam menemukan perangkatnya karena lupa. Ketika tulisan ‘Ring’ tersebut diklik jadi handphone anda bakal mengeluarkan suara dering dalam volume maksimal selagi 5 menit. Namun, anda wajib signin kedalam akun email yang telah terdaftar di ponsel Android terlebih dulu.

Sedangkan ketika sang penggunanya menekan menu ‘lock and wipe my data’, jadi dengan cara otomatis maka semua data yang ada di dalamnya bakal terhapus. Fitur ini sengaja disediakan oleh Google bagi pemakai yang merasa perangkat kesayangannya telah hilang dicuri padahal didalamnya banyak file private dan tidak berhasil ditemukan.

Google juga memungkinkan untuk melakukan cara yang sama dilakukan dalam menemukan perangkat jam tangan pintar yang juga memakai sistem operasi Android Wear buatannya. Sehingga para pemakai hanya butuh mencari ponselnya lewat laman Google di desktop saat perangkat mobile miliknya tidak berhasil ditemukan.

Selain melewati laman mesin pencarian Google, pemakai Android juga dapat memanfaatkan software Android Device Manager untuk menemukan perangkat mobile-nya. Perusahaan itu mengklaim bahwa software ini telah berhasil menolong hampir 30 juta pemakai Android menemukan ponselnya kembali.