Kulkas Anda Bisa Lebih Awet Jika Dirawat dengan Cara Berikut!

Kulkas Anda Bisa Lebih Awet Jika Dirawat dengan Cara Berikut! KabarDunia.com_Kulkas-Anda-Bisa-Lebih-Awet-Jika-Dirawat-dengan-Cara-Berikut_Tips merawat kulkas

KabarDunia.com Kulkas atau lemari es yang bisa dibeli bahkan di toko online ini berfungsi untuk menyimpan beragam jenis bahan makanan ataupun minuman di suhu yang dingin sehingga lebih awet dan tahan lama. Ada 2 jenis lemari es yaitu yang 1 pintu dan 2 pintu. Baik yang 1 pintu atau 2 pintu Anda tetap harus merawat lemari es tersebut dengan baik sehingga bisa lebih awet dan tahan lama sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan tambahan.

Terdapat beberapa rahasia yang diantaranya merupakan rahasia umum yang biasanya Anda lakukan, untuk menjaga agar lemari es tersebut awet. Pertama adalah dengan membersihkan bunga es. Bunga es di lemari es 1 pintu lebih banyak dibandingkan dengan bunga es di lemari es 2 pintu karena memiliki suhu dingin yang lebih merata. Bunga es yang merupakan hasil uap air dari pengembunan yang ada di evaporator tersebut jika tidak dibersihkan secara berkala maka bisa membuat bagian evaporator menjadi rusak dan tidak bisa memberikan dan menghasilkan dingin yang maksimal dan sesuai dengan yang diinginkan. Sehingga bersihkan kembang atau bunga es sekali setiap 2-3 minggu agar tidak menumpuk.

Kedua adalah hindari untuk menggunakan benda tajam ketika Anda membersihkan lemari es tersebut. Jika menggunakan benda tajam seperti pisau misalnya untuk mengangkat bunga es yang membandel, Anda bisa memicu terjadinya kebocoran freon. Untuk membersihkan kembang es yang ada di lemari pendingin tersebut Anda bisa memutar thermostat hingga posisi nol terlebih dahulu atau dengan mencabut listriknya dan membiarkan bunga es tersebut mencari dengan sendirinya. Agar lebih cepat Anda bisa menyiram gumpalan bunga es tersebut dengan menggunakan air panas.

Ketiga adalah hindari untuk memasukkan makanan yang berlebihan pada kulkasMasing-masing lemari es memiliki kapasitas yang berbeda sehingga sebelum Anda menggunakannya, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berapa kapasitas dari lemari es tersebut. Terlalu banyak menyimpan makanan di lemari pendingin bisa menyebabkan lemari es tersebut tidak bisa berfungsi dengan maksimal dan hasilnya lemari es menjadi kurang dingin karena tidak adanya rongga sirkulasi udara. Anda bisa menyimpan bahan makanan misalnya di toples sehingga peletakan bahan makanan menjadi lebih rapi dan juga membuat proses pendinginan juga lebih mudah dan cepat. Sedangkan untuk menjaga agar bau lemari es tetap sedap, misalnya terhindar dari bau yang tidak mengenakkan, Anda bisa menggunakan kopi yang ditaruh di plastik atau tisu untuk menetralkan baunya atau menggunakan irisan jeruk nipis.

Keempat adalah dengan menghindari untuk langsung mencolokkan listrik ketika kulkas Anda baru saja dipindahkan. Saat Anda memindahkan kulkas ke posisi tertentu, hindari untuk menghubungkannya langsung ke listrik sebab mungkin saja oli pelumas compressor naik yang bisa menyebabkan mampet di saluran instalasi jika langsung dicolokkan dan hasilnya adalah lemari es menjadi tidak bisa dingin secara maksimal.

Kelima adalah mempergunakan stabilizer. Sama seperti halnya menggunakan komputer, Anda sebaiknya menggunakan stabilizer untuk kulkas Anda agar arus listrik tetap stabil yaitu di posisi 220 volt. Selain untuk menjaga kestabilan lemari es, juga berfungsi untuk menjaga listrik jika sewaktu-waktu terjadi tegangan rendah atau tinggi atau langsung ada pemadaman listrik sehingga lemari es tidak mudah rusak. Jika tidak menggunakan stabilizer, saat terjadi pemadaman listrik, Anda bisa langsung mencabut colokan tersebut dan kemudian menancapkannya kembali jika listrik sudah stabil.