Langkah Mudah Merawat Lensa Kamera DSLR Agar Tak Mudah Berjamur

Langkah Mudah Merawat Lensa Kamera DSLR Agar Tak Mudah Berjamur 2 KabarDunia.com_Langkah-Mudah-Merawat-Lensa-Kamera-DSLR-Agar-Tak-Mudah-Berjamur-2_Lensa kamera

KabarDunia.com – Lensa merupakan salah satu komponen terpenting bagi kamera DSLR. Sebab pengoperasian dan hasil foto kamera DSLR bergantung pada lensa yang kita gunakan. Jika kita menggunakan lensa berkualitas, niscaya kita dapat menghasilkan foto-foto berkualitas.

Bukan hanya soal harga lensa yang patut kita perhatikan. Lensa yang mahal biasanya memang memiliki kualitas unggulan. Namun bukan berarti kita boleh mengabaikan proses perawatannya. Perawatan yang keliru bisa membuat lensa kamera jadi mudah berjamur. Mulai sekarang, ikuti langkah-langkah mudah ini agar merawat lensa kamera DSLR tak lagi terasa merepotkan:

> Hindari Kontak Langsung dengan Lensa

Salah satu cara mencegah jamur yang paling mudah adalah menghindari kontak langsung dengan lensa. Jangan menyentuh lensa dengan tangan karena hal tersebut bisa menimbulkan noda. Jika noda pada permukaan lensa tak langsung dibersihkan, sudah pasti noda tersebut akan melekat dan memicu timbulnya jamur.

> Jauhkan Lensa dari Cairan Apa Pun

Lensa kamera harus dijauhkan dari jenis cairan apa pun, kecuali jika lensa kamera kita dilengkapi teknologi weatherseal. Kita harus berhati-hati menggunakan lensa kamera saat traveling. Sebab sedikit bercak air tetap berisiko merusak lensa bahkan menimbulkan jamur.

> Bersihkan Lensa Usai Digunakan

Langkah Mudah Merawat Lensa Kamera DSLR Agar Tak Mudah Berjamur KabarDunia.com_Langkah-Mudah-Merawat-Lensa-Kamera-DSLR-Agar-Tak-Mudah-Berjamur_Lensa kamera

Kita tak boleh lalai membersihkan lensa setelah menggunakannya. Karena kotoran dan bercak air yang tertinggal pada lensa memang rentan menimbulkan jamur. Gunakan lap dan pembersih khusus lensa supaya permukaannya tidak tergores. Pastikan bahwa lensa benar-benar kering sebelum kita menyimpannya.

> Jangan Langsung Menyemprotkan Cairan Pembersih

Biasanya lensa kamera memiliki pembersih berupa cairan dan kain lap khusus. Sebaiknya kita tidak menyemprotkan cairan secara langsung pada permukaan lensa. Semprotkan saja sedikit cairan pembersih pada kain lap. Biarkan kain lap menyerap cairan tersebut lalu kita bisa segera mengusapkannya pada permukaan lensa. Dengan demikian, tidak ada cairan yang berlebihan pada lensa kamera yang sedang dibersihkan.

> Menentukan Tempat Penyimpanan yang Tepat

Lensa kamera harus diletakkan di tempat yang kering dan sejuk. Kelembapan udara yang tinggi memicu pertumbuhan jamur pada permukaan lensa. Jangan sampai hal ini terjadi dan merusak kualitas lensa kamera kita. Alangkah lebih baik jika kita memeriksa tempat penyimpan lensa secara berkala. Sehingga lensa-lensa tersebut benar-benar berada dalam kondisi baik dan tak rentan berjamur.

> Siapkan Dry Box

Jika kita merasa kurang yakin dengan tempat penyimpanan lensa yang kita gunakan, alangkah lebih baik bila kita menggunakan dry box. Dry box adalah kotak khusus dengan temperatur dan kelembapan yang bisa diatur sedemikian rupa. Jika Anda belum memiliki dry box, Anda bisa membelinya di mataharimall.com. Selain dry box, MatahariMall juga menyediakan berbagai kebutuhan fotografi lainnya seperti cairan pembersih, body kamera, dan juga lensa.

Jika sudah memiliki dry box, kita pun tak perlu khawatir dan bingung menyimpan lensa maupun perlengkapan kamera lainnya!

> Selalu Menggunakan Penutup Lensa

Penutup lensa (caps) sangat penting untuk melindungi permukaan lensa dari debu dan gangguan lainnya. Alangkah lebih baik jika kita senantiasa menggunakan penutup lensa ketika kamera sedang tidak digunakan. Lensa yang selalu terlindungi dengan penutup pasti jadi lebih awet dan tak mudah berjamur.

> Mengandalkan Penggunaan Filter

Penggunaan filter lensa tak hanya berfungsi memberi efek pada hasil foto. Ternyata filter yang diletakkan di ujung lensa tersebut juga bisa melindungi permukaan lensa. Jika tidak menginginkan efek foto berlebihan, kita bisa memilih filter UV yang bersifat netral.

Kalau sudah mempelajari langkah mudah merawat lensa, kita pasti tak ragu lagi untuk membeli lensa bahkan yang berharga mahal sekalipun. Apalagi jika membelinya di MatahariMall.com, toko online andalan kita yang satu ini sudah menyiapkan aksesori fotografi yang lengkap dan hemat. Bersiaplah untuk pengalaman fotografi yang seru dan tak terlupakan!