Pekerjaan Tetap Beres, Meskipun Tubuh Harus Bed Rest

Pekerjaan Tetap Beres, Meskipun Tubuh Harus Bed Rest KabarDunia.com_Pekerjaan-Tetap-Beres-Meskipun-Tubuh-Harus-Bed-Rest_Pekerjaan Tetap Beres

KabarDunia.com Setelah bekerja keras tanpa istirahat yang cukup selama kurang lebih satu bulan, akhirnya aku tumbang. Melihat kondisi kesehatanku yang semakin menurun, dokter kemudian memintaku untuk menjalani rawat inap. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, sakit yang aku alami ini memang diakibatkan karena kelelahan.

Banyaknya pekerjaan dan pendeknya tenggat yang diberikan memang membuatku harus bekerja siang dan malam. Terkadang, aku sampai tidak tidur selama 2-3 hari hanya untuk merevisi dokumen-dokumen yang belum sesuai. Waktu istirahat di rumah dan waktu luang akhir pekan juga aku gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bukan bermaksud sok sibuk atau ingin pamer, tetapi aku memang orang yang tidak suka menunda pekerjaan. Semua tugas yang diberikan, akan aku usahakan untuk selesai dengan sempurna dan dapat diserahkan tepat waktu. Budaya perusahaan yang serba cepat, juga menuntutku untuk bekerja secara kilat. Namun, satu bulan ini aku memang tidak terlalu memperhatikan kesehatanku, jadilah aku drop seperti sekarang ini.

Perawat dan dokter sudah berulangkali menyuruhku untuk beristirahat dan melupakan sejenak pekerjaan kantor. Laptopku sampai disita untuk mencegahku memaksakan diri tetap bekerja. Untungnya, mereka tidak menyita ponselku. Walaupun bukan dari laptop, semua pekerjaan masih bisa aku selesaikan lewat ponsel pintar di genggaman.

Bukan hanya ponsel saja, tetapi jaringan internet XL yang cepat di dalam kamar rawat inap juga membantuku menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang tertunda selama 2 hari ini. Orang-orang di kantor memang maklum akan kondisiku yang sedang sakit seperti sekarang ini. Sama seperti dokter dan perawat, mereka juga menyuruhku untuk beristirahat secara total. Sayangnya, aku tidak bisa demikian. Maka, aku putuskan untuk mengerjakan beberapa pekerjaan ringan melalui ponsel pintarku.

Ada beberapa dokumen yang harus diperiksa terlebih dahulu sebelum ditandatangi oleh atasanku. Mengecek dokumen-dokumen penting lewat ponsel memang membutuhkan kesabaran tinggi, ini karena aku sudah terbiasa bekerja dengan layar laptop yang lebar. Akhirnya, aku memutuskan untuk melakukan panggilan video dengan teman satu timku di kantor.

Untungnya, malam sebelumnya aku sudah sempat mengisi kuota internet XL di ponselku. Kini pengisian pulsa dan paket internet memang menjadi lebih praktis dengan menggunakan transaksi online. Kebetulan, kemarin malam aku membeli paket internet XL secara online di Traveloka. Jadi, aku tidak perlu keluar kamar untuk bisa mengisi paket data.

Panggilan video sukses dilakukan. Temanku tidak keberatan dimintai tolong untuk membantuku memeriksa dokumen-dokumen penting yang harus diserahkan besok. Selesai melakukan panggilan video, perawatku kembali masuk untuk mengantarkan obat. Wah, jika dia melihat aku memegang ponsel dan tahu kalau aku sedang bekerja, ponselku ini juga pasti akan diminta.

Belajar dari pengalamanku di atas, ada beberapa saran yang mungkin bisa kalian ikuti agar badan tetap sehat dan tidak tumbang, meskipun pekerjaan menumpuk.

1. Istirahat yang Cukup

beristirahatlah dengan cukup agar tubuh selalu prima KabarDunia.com_beritirahatlah-dengan-cukup-agar-tubuh-selalu-prima_Pekerjaan Tetap BeresSource – expertisesc

Istirahat sangat diperlukan oleh tubuh. Ibarat mesin, tubuh yang terus bekerja tanpa henti tentunya juga bisa “panas” dan “rusak” jika tidak diberi waktu untuk berhenti sejenak. Gunakan waktu istirahat dengan baik, jangan digunakan untuk tetap bekerja. Manfaatkan akhir pekan untuk beristirahat total tanpa diganggu oleh pekerjaan apapun.

Sempatkanlah untuk tidur siang ketika akhir pekan, tidak pelu terlalu lama, 2-3 jam saja sudah cukup. Jangan bawa pekerjaan sampai ke rumah karena justru akan mengganggu waktu tidur dan menyebabkan kita begadang semalaman. Sementara pada pagi harinya, kita masih harus menyelesaikan pekerjaan lain. Kurang istirahat tentunya membuat badan lemas dan dapat menurunkan tingkat fokus dan konsentrasi.

2. Manajemen Waktu yang Baik

Manajemen waktu anda dengan benar KabarDunia.com_Manajemen-waktu-anda-dengan-benar_Pekerjaan Tetap Beres
Source – TheSelfEmployed

Manajemen waktu juga sangat penting dilakukan. Manajemen waktu yang kurang baik, bisa berdampak pada berkurangnya waktu istirahat. Biasakan untuk bekerja sesuai dengan tenggat yang diberikan sehingga, pekerjaan bisa selesai tepat waktu tanpa harus bekerja lembur dan mengurangi waktu istirahat. Buatlah jadwal penyelesaian dan prioritas pekerjaan untuk memudahkan Anda dalam membereskan setiap pekerjaan yang diberikan.

3. Biasakan untuk Tidak Bekerja Sendiri

Bekerja secara tim mampu meningkatkan hasil kerja anda KabarDunia.com_Bekerja-secara-tim-mampu-meningkatkan-hasil-kerja-anda_Pekerjaan Tetap Beres

Source – management-hebdo

Bekerja sendiri memang kadang lebih menyenangkan. Selain dapat tetap fokus, kita tidak perlu berdebat dengan rekan satu tim dalam membahas ide atau hasil pekerjaan yang berbeda. Namun, tidak selamanya bekerja sendiri itu mudah dan mengasyikan. Kita juga perlu memberitahukannya kepada tim atau rekan kerja lain yang masih satu divisi, jika bukan mengenai bahasan-bahasan yang rahasia.

Jika tidak membagi pekerjaan dengan timku sebelumnya, mungkin sekarang aku tidak dapat beristirahat dengan tenang selama berada di kamar rawat inap ini. Sebelum masuk ke rumah sakit, aku mendelegasikan pekerjaanku kepada rekan yang lain agar dapat dibantu penyelesaiannya, jika aku berhalangan.

Setelah pekerjaan didelegasikan, aku tinggal memantaunya saja. Kuncinya, rajin-rajin berkomunikasi dengan mengandalkan akses jaringan internet XL. Jika kuota internet habis, kini aku dapat dengan mudah membelinya lewat Traveloka.

4. Menjaga Pola Makan

contoh makanan sehat KabarDunia.com_contoh-makanan-sehat_Pekerjaan Tetap Beres
Source – The Bali Bible

Asupan gizi makanan juga perlu diperhatikan. Pola makan teratur juga perlu diterapkan dengan baik. Penuhi gizi seimbang etiap hari dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat, seperti buah, sayur, salad, daging, telur, ikan, dan lain-lainnya.

Salah satu faktor aku bisa dirawat di rumah sakit seperti ini juga terdapat pada makanan yang aku makan. Sebulan ini, aku makan dengan tidak teratur. Makanan dan yang aku makan juga kurang terlalu sehat. Masalah makanan ini, jika diabaikan dapat menimbulkan penyakit dan gangguan pada lambung.

5. Berolahraga

Berolahraga teratur KabarDunia.com_Berolahraga-teratur_Pekerjaan Tetap Beres

Source – mirror

Terakhir, lakukan olahraga secara rutin agar badan tetap sehat dan bugar. Tidak harus olahraga berat, rutin melakukan lari pagi saja sudah membantu tubuh untuk tetap fit. Selain lari, kita juga dapat melakukan latihan-latihan kecil di dalam rumah tanpa harus pergi ke pusat kebugaran.

Semoga pengalamanku di atas dapat menjadi pelajaran bagi kita semua agar dapat bekerja secara wajar dan tahu kapan harus beristirahat.