Harga AC ½ PK Second, Tak Sampai Rp2 Juta Sudah Dapat AC Dingin

Harga AC ½ PK Second, Tak Sampai Rp2 Juta Sudah Dapat AC Dingin KabarDunia.com_Harga-AC-½-PK-Second-Tak-Sampai-Rp2-Juta-Sudah-Dapat-AC-Dingin_Harga AC ½ PK Second

KabarDunia.com Apakah Anda sudah merasa gerah di rumah dan tak lagi puas dengan memakai kipas angin? Kalau begitu, ganti kipas angin Anda dengan AC? Masih bingung soal harga? Cari saja AC bekas. Sekarang ini banyak sekali AC second dengan kualitas bagus yang beredar. Apalagi, AC tersebut juga termasuk low watt, sehingga hemat listrik. Jika Anda membaca terus, Anda akan dapat melihat daftar harga AC ½ PK second.

Tapi tahukah Anda apa itu PK pada AC? Istilah ini diambil dari Bahasa Belanda “Paard Kracht”, yang berarti horse power. Jadi pada intinya, PK merupakan kekuatan yang bisa dihasilkan AC sehingga mampu mendinginkan ruangan. Semakin tinggi angkanya, maka semakin dingin pula AC tersebut, dan otomatis juga menyedot listrik lebih banyak. Makanya, kalau Anda ingin yang murah, dan ruangan yang Anda ingin dinginkan hanya kamar kost Anda misalnya, maka AC ½ PK saja sudah cukup.

Untuk Anda yang memiliki ruangan kecil, maka AC ½ PK adalah solusinya, meski ini memang dipengaruhi oleh besar ruangan dan juga budget yang Anda miliki. Rata-rata dengan AC ½ PK ini, Anda akan mendapatkan hasil:

  • Konsumsi listrik yang lebih rendah, terutama untuk di awal, sehingga tak mengganggu proses kelistrikan alat rumah tangga lainnya.
  • Di ruangan yang kecil, AC ½ PK bisa menjadi cukup dingin dengan cepat, sehingga AC tak harus bekerja keras 100% selama dinyalakan.
  • Harga AC ½ PK juga lebih murah dibandingkan dengan jenis-jenis AC lainnya.

Bagi Anda yang benar-benar minim budget, maka pilihan untuk membeli AC second adalah solusi yang tepat. Harga AC ½ PK second bahkan lebih murah dibandingkan dengan harga AC ½ PK biasa, dan jika Anda mengikuti tips di bawah ini, Anda akan mendapatkan AC dengan kualitas yang masih bagus:

  1. Periksa body nya

Periksa bagian body nya, adakah kerusakan atau tidak, berkarat atau masih mulus. Cari yang benar-benar masih semulus AC baru.

  1. Periksa on/off

Pastikan bahwa Anda bisa menyalakan dan mematikan AC tersebut tanpa masalah. Ini karena kadang AC second tak selalu responsif, jadi coba periksa waktu respons nya sampai berkali-kali.

  1. Periksa tombol remote

Periksa pula tombol lain dari remote AC dan pastikan bahwa semua bisa bekerja dengan baik, sehingga Anda tidak kesulitan menyetel AC kelak.

  1. Dengarkan suaranya

Bagaimana suara AC tersebut? Berisik atau tidak? Kalau suaranya keras dan tak terdengar wajar, urungkan niat membeli.

  1. Periksa setiap unit peralatannya

Dari unit indoor sampai outdoor, periksalah apakah setiap unitnya masih original atau tidak, ada cacat atau bocor, pernah diperbaiki atau tidak, adakah kebocoran, bisa disambung atau tidak, dan lain sebagainya.

Harga dari jenis AC ½ PK untuk barang bekas biasanya ada di kisaran Rp1,5 jutaan untuk merk yang cukup terkenal. Sementara yang buatan merk kurang terkenal malah tidak mencapai Rp1 jutaan. Tapi kalau Anda membeli merk yang memang terkenal mahal, jangan heran jika harga second bisa mencapai Rp3 jutaan. Periksalah budget Anda!

Sangat jarang harga AC ½ PK second bisa mencapai harga di atas Rp2-3 jutaan, jadi jangan terlalu khawatir soal itu. Untuk amannya, Anda sebaiknya menyediakan budget Rp2 juta, dan dari situ mencari calon-calon AC yang bisa Anda pilih. Di range harga ini, Anda akan menemukan cukup banyak AC bermutu yang masih berada dalam kondisi bagus