Pengguna Terus Menurun, Google Segera ‘Kubur’ Gingerbread dan Honeycom

Pengguna Terus Menurun, Google Segera 'Kubur' Gingerbread dan Honeycom

KabarDunia.com Jika anda adalah pengguna android versi lawas, mungkin berita ini akan menjadi sebuah kabar buruk bagi anda. Pasalnya Google secara resmi memberitahukan bakal menghentikan dukungannya ke dua versi usangnya, yakni Gingerbread serta Honeycomb. Penyebabnya, apalagi kalau bukan jumlah pemakai dua versi lawas tersebut yang telah kian menurun.

Perangkat dengan Android 2.3 Gingerbread saja, menurut Google, terhitung hanya kurang lebih 1,3% dari seluruh perangkat yang berkunjung ke Play Store setiap bulannya. Sementara Android 3.2 Honyecomb, tak jauh tak sama.

Google menegaskan bahwa layanan Play Store versi kini (v10.0) adalah versi terbaru yang dapat diakses pemilik device Gingerbread serta Honeycomb. Kelak, saat raksasa internet itu menggulirkan versi Play Store v10.2, layanan telah tak bakal mendukung dua versi OS usang tadi.

Berikut kutipan pemberitahuan resmi Google:

“Google Play Services 10.0.x adalah rilis final yang meliputi dukungan penuh untuk versi Android 2.3.x (Gingerbread) serta 3.2.x (Honeycomb). Software yang dikembangkan memakai rilis SDK di masa mendatang seusai 10.0.x tak bakal dapat terhubung ke Google Play di perangkat Android Gingerbread serta Honeycomb.”

Berdasarkan pernyataan di atas, perangkat Gingerbread serta Honeycomb tetap dapat mengakses Play Services pada v10.0.x di masa mendatang. Tetapi semua software anyar yang dibuat dengan SDK seusai peluncuran Play Services 10.2, tak bakal dapat diakses oleh Android 2.3 serta 3.2.

Berarti, OS Android paling lawas adalah versi 4.0 Ice Cream Sandwich.

Hilangnya dukungan untuk versi Android lawas dirasa lumayan wajar, sebab Gingerbread serta Honeycomb diluncurkan hampir lima tahun yang lalu. Apabila Kamu tetap memakai versi lawas, kini saatnya membeli device baru. Bagaimana menurut Anda?