Banjir Kecaman, Ini Klarifikasi Google Terkait Hilangnya Palestina

Banjir Kecaman, Ini Klarifikasi Google Terkait Hilangnya Palestina
KabarDunia.com – Beberapa minggu terakhir hilangnya negara Palestina dalam layanan Google Maps membuat heboh dunia, tak terkecuali juga di Indonesia. Banyak sekali muncul tanggapan miring mengenai hilangnya palestina ini, bahkan tak sedikit yang menganggap bahwa Google memang dengan sengaja telah menghapus Palestina meskipun sebelumnya sempat tercantum.

Mengenatahui hal ini semakin menjadi polemik di tengah masyarakat, Perwakilan dari pihak Google pun akhirnya menyatakan bahwa selama ini nama negara “Palestina” memang tidak pernah ada di Google Maps.

Sebelumnya pihaknya hanya memberi nama wilayah Tepi Barat (West Bank) serta Jalur Gaza (Gaza Strip). Hingga akhirnya kedua nama wilayah tersebut akhirnya menghilang karena adanya masalah teknis.

“Tidak pernah ada label Palestina,” jelas salah seorang juru bicara Google kepada Fortune.

“Namun, kami memang menemukan adanya bug yang menghilangkan label ‘Tepi Barat’ serta ‘Jalur Gaza’, saat ini kami sedang bekerja guna segera mengembalikan dua label tersebut.” jelas juru bicara tersebut.

Ketika coba diakses melalui browser di desktop, pada alamat maps.google.com label ‘Palestina’ memang tak bisa ditemukan. Disana hanya ada sebuah batas wilayah yang berbentuk garis putus-putus sebagai tanda lokasi negara tersebut. Sedangkan itu, pada kolom sebelah kirinya tertera sebuah keterangan singkat tentang negara Palestina.

“Negara Palestina adalah sebuah negara di Timur Tengah antara Laut Tengah dan Sungai Yordan. Status politiknya masih dalam perdebatan,” jelas kolom tersebut.

Namun, ketika kami coba cek kembali, pada sesaat sebelum merilis artikel ini, rupanya google telah mengembalikan label Gaza pada negara palestina.