Juan Manuel Fangio, sang Maestro F1 yang Doodlenya Hiasi Google

Juan Manuel Fangio, sang Maestro F1 yang Doodlenya Hiasi Google

KabarDunia.com – Pernah dengar nama Juan Manuel Fangio? Jika anda adalah pecinta balap formula satu, mungkin nama tersebut bukanlah nama yang asing bagi anda. Namun jika anda belum pernah mendengar nama Juan Manuel Fangio sebelumya, maka tak ada salahnya anda coba tengok halaman utama google pada hari ini Jumat (24/6). Yap, animasi doodle merah yang berada pada laman utama google tersebut adalah bentuk tribute atas hari ulang tahun Juan Manuel Fangio yang ke-105 tahun.

Juan Manuel Fangio sendiri lahir di Argentina pada 24 Juni 1911 dan meninggal dunia pada usianya yang ke-84  atau tepat tanggal 17 Juli 1995. Sepanjang karirinya dalam lomba jet darat tersebut ia memiliki sejumlah catatan yang sangat mentereng. bagaimana tidak Juan Manuel Fangio sukses meraih juara dunia sebanyak 5 kali secara beruntun yakni mulai pada tahun 1951 hingga tahun 1957. yang membuat semakin berasa adalah kelima gelar tersebut diraihnya dengan empat tim yang berbeda atas capaian prestasinya tersebut ia pun diberi gelar sebagai F1 Maestro alias sang master F1.

Juan Manuel Fangio, sang Maestro F1 yang Doodlenya Hiasi Google 2

Yang membuat dirinya lebih istimewa jika dibandingkan yang lain adalah rekor juaranya yang bertahan hampir selama 46 tahun lamanya, hingga pada akhirnya Michael Schumacher sukses memetahkan rekornya tersebut pada tahun 2003.

Namun meski rekornya berhasil dipatahkan oleh Michael Schumacher, Juan Manuel Fangio tetap unggul dalam hal prosentase kemenangan, pasalnya dia sukses mencatatkan prosentase kemenangan sebesar 46,07%. tak hanya Michael Schumacher, bahkan prosentase kemenangan Alain Prost serta Ayrton Senna pun juga masih kalah.

Rekor lainnya yang berhasil dicetak oleh Juan Manuel Fangio tak lain adalah menjadi pebalap Formula 1 dari Argentina pertama yang menjadi satu-satunya juara dunia F1 serta berhasil memenangi balapan tersebut di kandangnya sendiri yakni GP Argentina.

Namun, jika dilihat dari data statistik murni kemenangan, sebenarnya nama Michael Schumacher memang adalah raja Formula 1. hal ini tak lepas dari raihan 91 kemenangan yang berhasil dicatatnya sepanjang karirnya, catatan ini tentu berhasil mengalahkan Fangio serta Alain Prost.

Tetapi jika semua aspek yang diperhitungkan, maka Juan Manuel Fangio pantas untuk berada di puncak dan Michael Schumacher berada ke posisi sembilan.