Tips Merawat Barang Elektronik Agar Lebih Awet

Tips Merawat Barang Elektronik Agar Lebih Awet

KabarDunia.com – Alat elektronik memang menjadi kebutuhan pokok tersendiri, yang masing-masing dapat dimanfaatkan sesuai dengan bidang keperluan dari yang primer, sekunder hingga tersier sekaligus. Dalam penggunaannya, benda-benda tersebut sebenarnya harus diimbangi oleh treatment yang tepat, agar menjadikan kerusakan pada benda bersangkutan lebih terminimalisir. Bentuk treatment tersebut bergantung pula pada jenis elektronik bersangkutan. Seperti halnya dengan tips merawat barang elektronik berikut.

  • 7 Cara merawat Kulkas agar lebih awet

    Tips Merawat Barang Elektronik Agar Lebih Awet 2

Lemari pendingin pun perlu dukungan sekaligus tata penggunaan yang benar agar lebih awet. Adapun cara merawat kulkas untuk lebih awet ini antara lain ialah:

1.    Posisikan di area yang teduh, tidak lembab maupun berair serta tak terkena sinar matahari.
2.    Pastikan antara kulkas dan lantai ada jeda seperti gabus yang disediakan saat pembelian, begitu pula batas antara kulkas dengan tombol bisa diberi space setidaknya 15cm hingga 20cm agar udara panas dari kulkas bisa keluar dengan lancar.
3.    Isi kulkas secukupnya saja, hindari berlebihan karena dapat menjadikan kinerja kulkas lebih banyak dan memicu aroma tak sedap pula.
4.    Atur tekanan suhu dingin secukupnya saja.
5.    Bersihkan kembang es atau bekuan es yang tertempel pada freezer saat telah banyak dengan mematikan dengan suhu ke nol, tak perlu mencabut kabel.
6.    Hindari pembukaan kulkas berlama-lama karena kinerja dingin bisa terbuang.
7.    Bersihkan secara berkala dengan meletakkan suhu ke nol sudah cukup.

  • 8 cara merawat TV duduk agar lebih awet

Tips Merawat Barang Elektronik Agar Lebih Awet 3

Televisi duduk yang merupakan produk elektronik pokok ini, tak terlepas dari bentuk-bentuk treatment yang rutin dan teratur, seperti di bawah ini:

1.    Pilih meja yang kokoh sebagai penyangga dari televisi atau hindari penempatan TV di atas lantai tanpa alas sama sekali.
2.    Letakkan di posisi tepat tanpa paparan lembab dan sinar matahari.
3.    Jauh TV dari produk elektronik yang bermagnet karena dapat memicu distorsi pada gambar.
4.    Atur jarak antara TV dengan tembok jika belakangnya ialah tembok dengan jeda sekitar 20 cm.
5.    Matikan TV saat tak dipakai dan gunakan seperlunya saja.
6.    Bersih TV secara berkala.
7.    Tutup TV bila sudah tak dinyalakan dengan kain agar mengurangi pancaran debu pada TV.
8.    Atur konsentrasi cahaya yang dihasilkan dengan kondisi sedang-sedang saja, karena terlalu cerah dapat mengurangi umur TV.

  • 4 Cara merawat AC agar lebih awet

Tips Merawat Barang Elektronik Agar Lebih Awet 4

Sebagai komponen pendingin suatu ruang, AC memiliki peran yang penting. Selain dinyalakan di setiap hari, benda pendingin ini tak luput dari perawatan agar usianya lebih lama. Adapun tips merawat barang elektronik ini meliputi:

1.    Posisikan AC di outdoor dengan tidak kena sinar matahari dan hujan atau bocor.
2.    Atur suhu dingin yang sesuai, tepatnya minimal 22 derajat Celcius, jika di bawah dari angka tersebut akan memicu kinerja AC lebih berat dan boros.
3.    Berikan service secara berkala, seperti 4 hingga 6 bulan sekali.
4.    Matikan AC saat tak dipakai, terutama saat di tinggal pergi.

Menggunakan produk elektronik tak akan lengkap tanpa mengimbangi perawatan. Terlebih dengan tata penggunaan yang lebih menjadikan umur benda tersebut lebih panjang. Terlebih saat rusak akan cenderung rusak lagi dan tak dapat bekerja dengan baik. Untuk itu, pastikan bahwa penggunaan yang Anda terapkan memang lebih berhati-hati, yang mana treatment bersangkutan cukuplah simple.

Merawat dan memelihara setiap barang elektronik yang ada di rumah tak hanya menjadikan lebih awet, tetapi juga tak perlu beli baru lagi karena masih berkualitas. Dari tips merawat barang elektronik bersangkutan dapat diandalkan untuk memulai perawatan terbaik dan mudah untuk diaplikasikan pada barang elektronik bersangkutan. Antara satu elektronik dan lainnya terasa selalu baru dengan kinerja yang maksimal.

Simak dan baca juga informasi lainnya seputar dunia elektronik di website review terbaik di Indonesia. Website yang menyediakan berbagai informasi seputar dunia elektronik mulai dari televisi, kulkas, AC, home theater dan elektronik lainnya. Mulai dari spesifikasi, ulasan hingga review dari beberapa pengguna. Hal ini akan membantu anda sebelum memilih dan membeli produk elektronik yang cocok dan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.