Inilah Rosario Castellanos, Penyair Paling Berpengaruh di Meksiko

Inilah Rosario Castellanos, Penyair Paling Berpengaruh di Meksiko

KabarDunia.com – Rosario Castellanos, yap dialah sosok yang berada di laman utama google pada hari ini. Siapakah Rosario Castellanos ini sebenarnya? mengapa dia bisa sampai dijadikan google doodle pada hari ini?

Rosario Castellanos adalah salah seorang penyair ternama asal Meksiko yang mana pada hari ini, Rabu, 25 Mei 2016 ini sedang merayakan hari ulang tahunnya yang ke-91. Rosario sendiri lahir pada tanggal 25 Mei 1925 silam. Lantas kenapa sosok Rosario Castellanos bisa sampai dijadikan tema google doodle hari ini? Rosario sendiri merupakan salah seorang penyair yang ada pada angkatan 50. yakni sebuah pembagian dalam bidang kesusasteraan yang ada di Amerika. Rosario sendiri selama ini memang lebih dikenal sebagai salah seorang penyair yang terkenal usai terjadinya Perang Dunia yang Kedua.

Rosario Castellanos sendiri telah mewariskan berbagaom macam hal dalam bidang sastra yang ada di Meksiko. Karya sastra serta berbagai puisi-puisinya karyanya pun sampai mempengaruhi sejumlah gerakan feminis serta studi kebudayaan yang ada disana. Salah satu hasil karyanya yang hingga kini masih selalu menjadi bahan rujukan tak lain adalah bukunya yang berjudul The Book of Lamentations. Sepanjang masa hidupnya tersebut Rosario Castellanos memang telah berhasil menghasilkan sejumlah novel dan esai yang bermutu tinggi, hal ini dibuktikan dengan masih seringnya karyanya memberikan pengaruh di dalam sebuah gerakan sosial dan kebudayaan terhadap masyarakat Meksiko.

Sejumlah karya dari Rosario yang kini telah diterjemahkan kedalam versi bahasa Inggris antara lain yakni The Book of Lamentations, The Nine Guardians serta masih ada yang lainnya. Hampir dari semua karya Rosario ini sebenarnya ditulis dalam bahasa Spanyol. Namun naas, karir cemerlangnya dalam bidang sastra ini tak bisa berjalan lama, pasalnya Rosario akhirnya harus meninggal saat usianya masih relatif muda. tepatnya pada 7 Agustus 1974 silam, Rosario yang sedang berada di Tel Aviv, Israel tersebut, akhirnya menghembuskan napas terakhirnya.

Sebagai salah seorang penyair perempuan yang cukup berpengaruh hingga kini, google pun akhirnya pada hari ini memberikan sebuah penghormatan sekaligus sebagai perayaan atas hari ulang tahun Rosario Castellanos yang mana kini seharusnya menginjak angka 91. Doodle yang pagi ini terpajang pada laman utama google sendiri menampilkan sosok Rosario Castellanos yang sedang berpikir sembari memegang sebuah buku didepannya.