Berada dalam Segaris, Planet Mars Bakal ‘Sinari’ Bumi pada 30 Mei 2016

Berada dalam Segaris, Planet Mars Bakal 'Sinari' Bumi pada 30 Mei 2016

KabarDunia.com – Salah satu peristiwa astronomi langka bakal kembali menyapa Bumi pada tanggal 30 Mei 2016 kelak, Jika sebelumnya kita telah disuguhkan oleh indahnya momen gerhana matahari total beberapa waktu lalu, pada kali ini kita bakal disuguhkan sebuah peristiwa alam dimana Bumi dan Mars nantinya bakal saling berdekatan!.

Bagaimana Bumi dan Mars hingga bisa saling berdekatan?

Setiap planet yang ada di Tata Surya pasti memiliki orbitnya masing-masing. Bumi sendiri mengorbit Matahari dengan jarak rata-rata sekitar 149,6 juta kilometer dalam kurun waktu 365 hari lamanya. Mars sendiri mengorbit Matahari dengan jarak sekitar 227,9 juta kilometer dalam waktu 687 hari.

Dalam masa orbitnya, ada kalanya dimana baik Bumi dan Mars akan berada pada salah satu sisi Matahari yang sama. namun ada kalanya juga mereka bakal berada pada sisi yang berbeda.

Nah, kebetulan pada tanggal 30 Mei 2016 besok, Bumi dan Mars dipastikan bakal berada di sisi yang sama. Susunannya pun kelak akan terlihat seperti sedang berjajar, dimana Matahari, Bumi, dan Mars nanti bakal tampak dalam garis yang sama. karena itu pula, posisi antara bumi dan Mars pun bakal menjadi semakin dekat. Dalam ilmu astronomi sendiri, peristiwa ini sering disebut dengan oposisi.

Jika jarak terjauh yang ada antara Bumi dan Mars bisa mencapai hingga 401 juta kilometer. Namun, Pada tanggal 30 Mei 2016 nanti, jarak diantara keduanya hanya sekitar 75,3 juta kilometer saja!.

Rekor jarak terdekat antara Bumi dan Mars sendiri adalah sejauh 55,76 juta kilometer, yang terjadi di tahun 2003 silam. Jarak yang sedekat itu sendiri kemungkinan baru bisa terjadi lagi pada tahun 2287 mendatang.

Kedekatan antara Bumi dengan Mars ini tentu akan menguntungkan untuk pengamatan. hal ini tak lepas karena pada 30 Mei 2016 besok, planet yang diduga jika pernah memiliki kehidupan tersebut akan terlihat lebih besar dibanding biasanya.

Tak hanya itu saja, Saat Matahari mulai tenggelam, Mars bakal mulai terbit. Mars akan mulai “menyinari” planet Bumi dengan warna merah khasnya sepanjang malam hingga terbitnya Matahari keesokan harinya.

tak hanya Mars saja, planet Jupiter pun juga sebenarnya bakal tampak setiap malam di sepanjang bulan ini.