Mengenang Perjuangan Jane Jacobs Lewat Google Doodle

Mengenang Perjuangan Jane Jacobs Lewat Google Doodle

KabarDunia.com – Jika Mengingat Jane Jacobs mungkin anda akan mulai membayangkan sosok seorang penulis yang cukup terkenal, Pada hari ini dia telah tepat berusia 100 tahun. Dia terjungkal bidang perencanaan kota dan arsitektur dengan bukunya tahun 1961, The Death and Life of Great American Cities. Dalam 2009 Planetizen jajak pendapat, dia sebagai pemikir perkotaan yang paling berpengaruh sepanjang masa. Tapi bagaimana Anda menceritakan kisah definitif dari orang yang membenci dogma? Atau membangun sebuah monumen besar untuk juara rendah hati, fine-grain, selalu berubah urbanisme? Bagaimana Anda mengklaim eksklusif untuk warisan seorang wanita yang menulis, dalam ungkapan hampir Lincolnian, bahwa “Kota-kota memiliki kemampuan menyediakan sesuatu untuk semua orang, hanya karena, dan hanya jika, mereka diciptakan oleh semua orang”?

Pada tahun 2007, setahun setelah Jane Jacobs meninggal, beberapa teman dekatnya di Toronto mengambil celah untuk menciptakan penghormatan pas – hidup, bernapas, berjalan, berbicara memorial disebut Jane Walk. Diadakan setiap tahun pada akhir pekan pertama Mei (dekat dengan hari ulang Jane Jacobs ‘), berjalan Jane adalah festival gratis jalan-jalan wisata yang dipimpin oleh penduduk setempat. Tahun itu, Toronto host 27 jalan-jalan yang berfokus pada berbagai topik. Selain dari detail-detail yang ramping, namun, “cerita asal untuk berjalan Jane diselimuti sedikit misteri,” kata Denise Pinto, direktur eksekutif organisasi. Seolah-olah pendiri telah mengambil sumpah diam, ketika ditanya tentang hal itu “alis mereka menaikkan atau mereka memberikan seringai.”

Tak satu pun dari mereka mengklaim tanggung jawab untuk ide.

Tahun berikutnya, Jane Walk diperluas ke New York, dan telah terus berkembang sejak. Pada 2015, ia membual 1.300 jalan-jalan di 189 kota, yang mencakup setiap benua dihuni. “Itu ide yang lepas landas dan menjadi gerakan global,” kata Pinto. “Tapi tidak ada pemilik riil melalui proses itu, tidak ada juara tunggal. Itu dibangun oleh kita semua, dan itu kuat juga. ”

Berjalan Jane mewujudkan organik, cita-cita demokrasi Jane Jacobs ‘dengan menyediakan platform terbuka. Siapapun dapat menyebabkan berjalan sekitar hampir apa pun. Untuk festival tahun ini di Toronto, pemimpin berjalan sudah mengirimkan tur tentang skateboard, tangga rahasia, cerita hantu, pengorganisasian masyarakat, sejarah aneh, pelestarian, birding perkotaan dan labirin. Ini adalah apa yang Jane Jacobs disebut “self-organisasi” – kapasitas pelaku desentralisasi untuk mengatur diri mereka sendiri menjadi sesuatu yang lebih besar daripada jumlah bagian mereka tanpa arah dari atas. Baik kantor Berjalan kepala Jane maupun penyelenggara kota setempat bertindak sebagai jenis komando pusat, dan berbagai dan kreativitas dari jalan-jalan mencerminkan pendekatan laissez-faire ini. Tidak ada yang mengurasi konten, per se. tidak ada yang memberitahu para pemimpin berjalan apa yang harus dilakukan, atau bahkan melakukannya di tempat pertama. Penyelenggara hanya menyediakan sebuah platform online, sesendok dorongan, sejumput dukungan teknis dan kemudian menonton acara menciptakan sendiri.

Seorang mahasiswa desain mengarah berjalan-jalan di Toronto difokuskan pada bagaimana toko-toko bertindak sebagai mikrokosmos untuk setiap lingkungan mereka tinggal di (Credit: Jane Walk).

Prinsip ini diri organisasi beroperasi di setiap tingkat festival. Tidak hanya konten mencerminkan keinginan para pemimpin berjalan, tetapi cara masing-masing berjalan memutar keluar sama tak terduga. Josh Fullan, seorang guru di University of Toronto Sekolah, mengorganisir edisi pemuda festival adalah “narkoba pintu gerbang” yang mendapat dia kecanduan urbanisme. Ini terinspirasi dia untuk mengembangkan seluruh kurikulum pada bangunan kota yang disebut Maximum City, yang telah menjadi program wajib bagi kelas delapan siswa di UTS dan sedang diadopsi oleh guru sekitar Ontario. Sebagai Pinto katakan, “Orang-ketika Anda memberikan mereka kesempatan untuk datang bersama-sama-yang akan melakukan pekerjaan yang baik pada mereka sendiri.”

Pinto menceritakan kisah lain tentang berjalan dari tahun lalu yang disebut Cosmopolis Toronto. Dipimpin oleh seorang fotografer yang bertujuan untuk mengambil foto dari satu Torontonian dari setiap negara di dunia, peserta berjalan harus chatting dengan beberapa mata pelajaran dalam serial. Secara kebetulan belaka, seorang wanita yang telah pindah ke kota sehari sebelumnya dari Amerika Latin tersandung pada berjalan-jalan di kemajuan. Dia masih mendapatkan bantalan nya di kota, merasa “discombobulated dan sedikit bingung dan sedikit terasing,” tapi dia mengatakan kepada orang banyak kisahnya. Sebanyak kering mata mereka, ia menyimpulkan, “Ini benar-benar membuat saya merasa seperti aku datang ke tempat yang tepat, dan saya telah menemukan orang lain yang telah memiliki pengalaman seperti saya. Aku tidak sendirian, dan aku akan dapat membuat rumah di sini. ”

Pertumbuhan acara dari acara satu kali untuk sebuah organisasi nirlaba global telah hampir seluruhnya self-propelled juga. Jumlah jalan-jalan telah tumbuh sekitar 50 kali sejak pendiriannya, dengan hampir tidak ada usaha pemasaran bersama untuk merekrut kota baru. Persis bagaimana kata ini dinamis mulut beroperasi telah sulit untuk dijabarkan, tapi Nadia Halim, kota global koordinator Berjalan Jane, memiliki hipotesis: “Seringkali seseorang yang tinggal di Kanada untuk sementara atau kunjungan Kanada, berjalan pada berjalan Jane, terlibat di sini, akan kembali ke mana pun mereka berasal, dan mengatakan, “ini akan menjadi besar jika saya bisa mendapatkan ini mulai di sini! ‘” setidaknya, dia memberitahu saya, itulah bagaimana cerita dimainkan selama beberapa terakhir tahun di Wina, Austria, Belfast, Irlandia dan Cluj-Napoca, Rumania, untuk beberapa nama.

Organisasi formal sekarang bekerja keras untuk mengejar ketinggalan dengan gerakan. “Di satu sisi, itu sedikit mundur,” kata Pinto tentang proses perencanaan strategis mereka saat ini, “karena sebagian besar organisasi melalui ini pada hari-hari awal kerja mereka. Tapi berjalan Jane adalah gerakan akar rumput yang berkembang lebih cepat dari pelayan nya. Tidak ada kapasitas untuk peramalan, hanya masalah indah menjaga dengan selera penyelenggara di seluruh dunia. ”

Jane peserta Berjalan berjalan melalui Toronto Chinatown ketika mereka belajar tentang sejarah gerakan buruh perempuan di kota. (Credit: Jane Walk)

Sementara mereka bergerak maju dengan perayaan tahun ini, mereka juga menelusuri silsilah dampak mereka sendiri – menyelidiki apa yang membuat tur yang sukses dan bagaimana halangan mendongeng untuk bertindak, mencoba untuk melacak dan mendukung beberapa “pekerjaan yang baik” yang keluar dari berjalan, dan lebih baik menghubungkan jaringan global mereka tumbuh dari pemimpin berjalan.

Sebagai penghormatan kepada Jane Jacobs, itu pas yang berjalan Jane telah melampaui asal-usulnya sebagai peringatan dan diambil pada kehidupan sendiri. Pada hari-hari awal, orang datang untuk berjalan karena mereka tahu tentang Jane Jacobs, tapi semakin, Pinto mengatakan, “orang-orang datang untuk berjalan Jane karena mereka mengenalinya sebagai proyek berjalan komunitas di sudut mereka tentang dunia, dan kemudian mereka mencari tahu tentang Jane. ”

Mungkin, kemudian, cara terbaik untuk mengingat Jane Jacobs tidak mengikuti tulisannya sebagai kitab suci atau berkutat pada pertanyaan, Ini untuk pergi tanpa dia “Apa yang Akan Jane Jacobs Lakukan?” – Untuk keluar di jalan, bicara sama lain, dan hash cara-cara baru untuk hidup bersama di tempat-tempat yang padat, menakjubkan, berat dan tidak adil kita sebut kota.

Anda dapat memimpin atau menghadiri Walk Jane tahun ini pada 6-08 Mei di sebuah kota dekat Anda.