Yang Harus Kamu Ketahui Dibalik Perayaan Festival Holi di India

Yang Harus Kamu Ketahui Dibalik Perayaan Festival Holi di India

KabarDunia.com – Google kembali mengeluarkan Doode baru hari ini, Festival Holi, tidak banyak yang tahu mengenai Holi Festival yang digelar tiap tahun ini. Perayaannya identik dengan beragam warna-warni seperti yang ditampilkan Google Doodle hari ini dilaman depan situs pencarian terpopuler ini, Google juga ikut merayakan Festival Holi yang akan berlangsung di India.

Jika anda belum pernah ke India, atau setidaknya pernah menonton film India, dalam film India biasanya kita menemukan perayaan Festival Holi namun kita tidak terlalu memperhatikannya, karena terbawa suasana filmnya.

Jadi apa itu Festival Holi, Biasanya di rayakan oleh berbagai suku yang beragama Hindu di India. Namun, belakangan ini juga dirayakan oleh beberapa negara yang memiliki keagamaan Hindu yang kental seperti Suriname, dan Guyana Afrika Selatan.

Seperti banyak kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia, India juga merayakan Festival Holi untuk menyambut musim Panas. Makna dan filosofi yang terkandung dalam perayaan festival tahunan ini adalah untuk merayakan kemenangan, kebaikan serta melawan kejahatan yang di simbolkan dengan melakukan aksi lempar tepung warna-warni ke sesama orang yang merayakan Holi Festival, itulah kepana festival Holi juga dikenal dengan sebutan Pesta Warna.

Yang Harus Kamu Ketahui Dibalik Perayaan Festival Holi di India

Selain untuk merayakan Festival Holi sebagai gambaran kebaikan dan melawan kejahatan juga bermaksud untuk menyambut datangnya musim semi yang terjadi di India yang di simbolkan dengan berwarna-warninya macam-macam tumbuhan yang akan siap tumbuh dan mewarnai tanah India.

Perayaan Festival Holi sendiri cukup unik dan diselenggarakan mulai dari pagi hari, dimana peserta saling mencari mangsa untuk dilempari tepung warna-warni khas Holi kesekujur tubuh mereka. Beberapa orang bahkan menggunakan semacan pistol air biar damage nya lebih besar dan dipastikan bakal kena semua peserta karena jangkauan luas.

Festival Holi mengajarkan kita bagaimana untuk berlaku adil, supaya dapat menjadi pribadi yang bisa menyambut hari esok yang lebih baik dan terus berusaha supaya menjadi pribadi yang lebih baik hingga terasa lebih berwarna seperti perayaan Festival Holi 2016 ini.